Threads Baru Rilis Tapi Sudah Diprotes Netizen, Kenapa Tuh?

Threads yang terintegrasi dengan instagram membuat penggunanya terjebak (sumber gambar: diyphotography)

Threads yang terintegrasi dengan instagram membuat penggunanya terjebak (sumber gambar: diyphotography)

Like

Be-emers, kamu pasti sudah mendengar tentang aplikasi baru yang dirilis oleh Meta, yaitu Threads. Tapi, tahukah kamu bahwa aplikasi ini telah menimbulkan kehebohan di antara netizen? Alasannya cukup menarik, karena Threads tidak menyediakan fitur untuk menghapus akun secara langsung.

Hal ini membuat pengguna Threads hanya bisa menghapus profil mereka jika mereka juga menghapus akun Instagram. Mengapa demikian? Karena kedua profil tersebut saling terhubung dan terintegrasi satu sama lain.


Threads Diprotes Netizen


Tentu saja, kabar ini menyebar dengan cepat di dunia maya dan menimbulkan kekecewaan di kalangan netizen.

Salah satu netizen yang merasa kecewa dengan kebijakan ini menyampaikan pendapatnya di Twitter, "Ternyata tidak bisa menghapus akun Threads tanpa menghapus akun Instagram. Lebih baik tidak mendaftar dari awal saja."

Baca Juga: Threads Instagram, Platform Saingan Twitter Persembahan Meta!


Keluhan ini mencerminkan perasaan banyak pengguna yang merasa terbatasi oleh kebijakan Meta.

Mendengar keluhan tersebut, Adam Mosseri, kepala Instagram, memberikan tanggapannya terkait masalah ini. Ia ingin menjelaskan kepada pengguna tentang pengaturan profil dan proses penghapusan akun.

Pertama-tama, Mosseri menjelaskan bahwa pengguna dapat menyembunyikan profil mereka, membuatnya menjadi pribadi, dan menghapus unggahan tanpa harus menghapus akun Instagram.

"Dalam klarifikasi ini, saya ingin menjawab beberapa pertanyaan yang saya terima tentang menghapus akun Anda. Jadi, Anda sebenarnya bisa menonaktifkan akun Threads, yang akan menyembunyikan profil dan konten Threads Anda. Selain itu, Anda dapat mengatur profil Anda menjadi pribadi dan menghapus unggahan Threads secara individu, semuanya tanpa harus menghapus akun Instagram Anda," jelas Mosseri.

Meskipun Mosseri tidak secara langsung menyebutkan bahwa akun Threads hanya dapat dihapus jika akun Instagram dihapus terlebih dahulu, ia menekankan bahwa Instagram dan Threads saling terkait erat sebagai satu kesatuan.

Namun, ia juga berjanji untuk mencari cara agar pengguna dapat menghapus akun Threads secara terpisah.

Baca Juga: Limitasi Twitter Bikin Ribet? Tenang, Ada Threads!

Threads resmi diluncurkan oleh Meta pada Kamis kemarin, dan dalam waktu satu hari, CEO Mark Zuckerberg mengklaim bahwa aplikasi ini telah digunakan oleh 30 juta akun.

Zuckerberg bahkan memiliki ambisi besar untuk mencapai 1 miliar pengguna Threads di masa depan, suatu pencapaian yang belum pernah terjadi sebelumnya oleh Twitter.

Dari kehebohan ini, kita bisa melihat betapa pentingnya pemahaman yang jelas tentang kebijakan privasi dan pengaturan profil dalam aplikasi sosial media. Pada akhirnya, Meta harus memperhatikan kekhawatiran dan masukan dari pengguna agar aplikasinya tetap relevan dan memenuhi kebutuhan mereka.

Kita tunggu saja bagaimana perkembangan selanjutnya, apakah Meta akan menyediakan fitur penghapusan akun Threads yang terpisah atau tidak.

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.