Toner Alami vs Buatan, Mana yang Lebih Baik?

Toner Alami vs Buatan, Manfaat dan Keunggulannya

Toner Alami vs Buatan, Manfaat dan Keunggulannya

Like

Toner adalah produk perawatan kulit berbahan dasar air yang dioleskan ke kulit setelah dibersihkan dan sebelum dilembabkan.

Fungsi utamanya untuk membantu menghilangkan sisa kotoran atau minyak yang tertinggal di kulit setelah dibersihkan, serta menyeimbangkan tingkat pH kulit.

Toner juga membantu melembabkan dan menutrisi kulit, serta dapat memberikan berbagai manfaat lain tergantung kandungannya.

Beberapa toner misalnya, mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari radikal bebas. Lainnya mengandung asam yang dapat membantu mengelupas kulit dan memperbaiki teksturnya.


Pilih toner alami atau buatan?


Antara toner alami dan buatan semuanya sebenarnya memiliki keunggulan dan kekurangan, sesuai kebutuhan kita. Mari kita bahas satu persatu.


Baca Juga: 5 Rekomendasi Lip Sleeping Mask yang Bikin Bibir Kamu Moist!


Keunggulan Toner Alami


Toner alami memiliki beberapa keunggulan dibandingkan toner yang dibeli di toko. 


1. Biasanya jauh lebih terjangkau


Toner alami biasanya lebih terjangkau untuk dibuat di rumah. Hal ini karena toner ini menggunakan bahan-bahan yang dapat ditemukan di dapur atau di lingkungan sekitar. 


2. Bebas dari bahan kimia


Toner alami juga bebas dari bahan-bahan kimia dan pengawet yang keras. Bahan-bahan tersebut yang dapat mengiritasi atau bahkan berbahaya bagi kulit. 


3. Lebih lembut


Toner alami seringkali lebih lembut dan tidak terlalu kering dibandingkan toner yang dibeli di toko, menjadikannya pilihan yang lebih baik bagi mereka yang memiliki kulit sensitif. 


4. Personalisasi


Toner alami dapat disesuaikan dengan jenis kulit tertentu dengan menggunakan bahan yang berbeda.


Keunggulan Toner Buatan


Sementara toner alami memiliki banyak manfaat, toner yang dibeli di toko juga memiliki kelebihan. 

Baca Juga: Bahaya, 4 Kandungan Skincare yang Enggak Boleh Digabungkan!


1. Diformulasi Ahli


Pertama, mereka diformulasikan oleh para ahli dan seringkali mengandung bahan-bahan yang terbukti secara klinis yang dikenal efektif. 


2. Proses Pengujian


Kedua, mereka diuji keamanan dan kemanjurannya, dan dilengkapi dengan daftar bahan, membuatnya lebih mudah untuk mengidentifikasi potensi iritasi atau alergen. 


3. Jangka Waktu


Ketiga, mereka seringkali memiliki umur simpan yang lebih lama daripada toner alami, yang dapat lebih cepat rusak. 


4. Takaran Pas


Keempat, toner yang dibeli di toko umumnya lebih nyaman, karena dapat dibeli dalam satu langkah tanpa harus membeli dan mengukur bahan-bahannya.


Tips tambahan mengetahui kualitas toner


Untuk mengetahui apakah toner sudah rusak atau belum, untuk toner buatan, cukup periksa tanggal kadaluarsanya. Namun untuk toner buatan dan alami, bisa dilihat dari penampilan dan baunya. 

Toner yang baik harus memiliki tampilan bening, transparan, dan aroma yang menyenangkan. Jika toner keruh, berubah warna, atau berbau tidak sedap, kemungkinan toner sudah kadaluarsa dan harus dibuang.

Selain itu, jika toner sudah mulai terpisah atau berjamur, toner tersebut juga tidak boleh digunakan. Jika ragu, yang terbaik adalah berhati-hati dan membuang toner tersebut.

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.