Bahaya, 4 Kandungan Skincare yang Enggak Boleh Digabungkan!

Skincare yang Enggak Boleh Digabungkan. (Ilustrasi: Canva)

Skincare yang Enggak Boleh Digabungkan. (Ilustrasi: Canva)

Like

Bagi kalian pecinta skincare pasti tidak asing lagi dengan kandungan AHA dan BHA. Kandungan ini menjadi pilihan utama bagi yang ingin memperbaikin tekstur kulit.

Namun, hati-hati jika ingin menggabungkan kandungan skincare ini dengan yang lainnya. Alih-alih mendapatkan kulit yang glowing, kulit kalian bisa menjadi iritasi, lho. Berikut kandungan skincare yang tidak dapat digabung dengan AHA BHA.
 

Kandungan Skincare yang Enggak Bisa Digabung


AHA atau BHA dikenal tidak dapat digabungkan dengan beberapa kandungan di bawah ini karena dapat menimbulkan iritasi.
 

1. AHA/BHA + Niacinamide


Bagi pecinta skincare pasti tidak asing lagi dengan Vitamin B3 atau yang sering disebut dengan Niacinamide. Kandungan ini jadi salah satu pilihan paling populer untuk memperbaiki tekstur kulit.

Ternyata Niacinamide tidak dapat digunakan bersamaan dengan AHA/BHA lho.  Alasannya cukup simpel karena Niacinamide ini bekerja secara maksimal pada pH kulit netral.


Baca Juga: Rasakan Manfaat Skincare dengan Buah Kurma!

Sedangkan untuk AHA/BHA membuat pH kulit menjadi rendah. Dan kedua kandungan skincare ini adalah senyawa asam jadi jangan coba-coba menggabungkan kedua ini ya guyssss. Bisa membuat kulit kalian menjadi iritasi lho!
 

2. AHA/BHA + Retinol


Kedua kandungan ini sangat bagus bagi kalian yang ingin melawan tanda-tanda penuaan karena kedua kandungan ini dapat mempercepat pergantian sel kulit . Namun khasiatnya akan sangat terlihat jika digunakan secara tidak bersamaan alias di hari yang berbeda.  

Ketika kedua kandungan ini digunakan secara bersamaan dapat menimbulkan eksfoliasi yang berlebihan pada kulit wajah, dapat terjadi iritasi pada kulit hingga rusaknya skin-barrier pada kulit yang dapat menimbulkan masalah seperti bruntusan dan jerawat.
 

3. AHA/BHA + Vitamin C


Kedua bahan aktif ini sangat ampuh untuk mencerahkan kulit. Namun jangan coba-coba untuk menggabungkan kedua bahan ini secara bersamaan. Ini bisa jadi bumerang bagi kalian.

Vitamin C mengandung antioksidan yang sangat bagus untuk melindungi kulit. Jika kamu menggabungkannya dengan AHA maka dapat mengubah pH yang terdapat pada vitamin C.

Akibatnya, fungsi antioksidan di dalamnya bisa hilang. Itu sebabnya, kamu bisa menggunakan vitamin C atau AHA/BHA secara bergantian.

Sebagai contoh, kamu memakai vitamin C untuk rutinitas perawatan kulit pada pagi/siang hari sementara produk dengan kandungan AHA/BHA untuk malam hari.
 

4. BHA + Benzoil Peroksida


Baca Juga: Ini Tips & Trik Beli Skincare Biar Tampak Cantik Tapi Tetap Hemat

Kandungan bahan skincare terakhir yang tidak bisa digabungkan adalah BHA dengan Benzoil Peroksida. Seperti yang kita ketahui bahan eksfolian BHA yang umum digunakan dalam produk skincare, yaitu salicylic acid.

Jika salicylic acid dicampur dengan benzoil peroksida, maka kedua bahan ini akan bekerja lebih aktif dan mengakibatkan kulit anda menjadi iritasi.

Nah, sudah tahu kan kandungan mana saja yang enggak boleh digabung? Sekarang tinggal rajin pake skincare deh biar glowing!

Punya opini untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.