Gaji Pertama Buat Apa? Ini Tips Kelola Biar Enggak Bokek!

Gaji pertama gen z

Gaji pertama gen z

Like

Berapapun nominalnya pasti gaji pertama merupakan momen yang tidak bisa terlupakan. Mendapatkan gaji pertama tentunya sangat menggembirakan dan tidak terlupakan. Lalu apa yang harus kalian lakukan jika mendapatkan gaji pertama?

Mayoritas memberikan gaji pertama kepada orang tua. Tetapi, ada juga yang digunakan untuk membeli barang yang diinginkan. Gaji pertama bagi Gen Z mengajarkan pelajaran yang berharga bahwa gaji akan tercapai bila kerja keras dan sungguh-sungguh.

Menurut hasil riset yang telah dirilis Tirto pada Juli 2019, diketahui bahwa generasi milenial cenderung lebih boros, sulit menabung dan tidak memperdulikan investasi dan lainnya.

Sehingga, generasi Gen Z menghadapi resiko finansial lebih besar di masa mendatang akibat gaya pengelolaan keuangan yang kurang sehat.

Bila dibandingkan dengan generasi sebelumnya, yang membedakan adalah pada gaya hidupnya. Perbedaan itu terlihat dari karakteristik Gen Z cenderung lebih kreatif dan melek teknologi. Sebaliknya generasi sebelumnya lebih idealis termasuk dalam mengatur keuangan.


Baca Juga: Berapa Sih Gaji Fresh Graduate di BUMN?

Nah Be-emers, perlu kalian ketahui selain diberikan kepada orang tua. Gaji pertama perlu juga nih buat disimpan. Tapi, Bagaimana sih cara kita menyimpan gaji pertama? Biasanya gaji pertama buat kita kalap atau boros akhirnya jadi ludes deh gaji kita. Alhasil bokek!


Tips Kelola Gaji Pertama


Pertama, yuk buat anggaran belanja selama sebulan. Anggaran ini termasuk keperluan dan kebutuhan hidup ya sobat.

Tentunya Gen Z ingin menggunakan uangnya untuk traveling, kuliner, hangout, atau nonton konser. Hal itu hanyalah menjebak generasi zaman sekarang dalam pola konsumsi boros. Tetapi, sah-sah saja menggunakan uangnya untuk hal seperti itu, hanya saja supaya keuangan kalian sehat, atur sesuai kebutuhan.

Kedua, sisihkan untuk dana darurat karena dana darurat itu penting lho. Untuk membangun keuangan yang sehat, maka cukupilah dana darurat. Dana ini juga untuk mengantisipasi kebutuhan hari kedepan. Maka baiknya siapkan dana darurat mulai dari gaji pertama.

Baca Juga: Netizen, Begini Lho Tips Mengatur Gaji UMR Agar Cukup di Jakarta

Ketiga, generasi yang menyukai hasil instan dan berani untuk mengambil resiko bisa berinvestasi di instrumen yang berisiko tinggi, seperti aplikasi peer to peer landing atau investasi saham.

Selain itu semua, tentunya gaji pertama harus bisa disisihkan untuk ditabung. Besaran tabungan tiap bulan bisa disesuaikan dari gaji.

Kalau Be-emers apa yang kalian lakukan apabila mendapat gaji pertama? Tentunya buat orang tua kan? Atau buat shopping?
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.