Mau Tulisanmu Dibaca Banyak Orang? Ini Tips Membuat Tulisan Menarik!

Ilustrasi Menulis Tulisan (Sumber: freepik)

Ilustrasi Menulis Tulisan (Sumber: freepik)

Like

Ada sebagian orang yang memiliki hobi menulis, atau bahkan hanya sekedar mencurahkan keresahan-keresahan atas apa yang terjadi. Simak artikel berikut untuk membuat tulisanmu menjadi lebih menarik!

Jika dilihat, menulis sebuah tulisan terlihat simple dan sepele. Tapi jangan salah, bahwa menulis sebuat karya memiliki cara dan unsur-unsur penulisan agar mendapat awareness yang cukup banyak dari orang.

Seperti pemilihan kata yang menarik atau pemilihan topik yang sedang tren. Menulis sama halnya dengan mendesain sebuah gambar atau audio visual, yang haruslah memiliki konsep serta diberikan "thumbnail" agar jatuh cinta pada pada pandangan pertama, hanya saja ini dalam bentuk tulisan. 

Karya tulis sangat banyak sekali jenisnya, salah satunya adalah artikel. Dalam menulis artikel harus dipahami dulu subjek pembacanya seperti kepada siapakah tulisan ini akan ditujukan, supaya kita dapat mengetahui bagaimana style atau gaya penulisannya.

Baca Juga: Memanfaatkan Sinonim Kata untuk Hasil Penulisan yang Lebih Baik


Tulisan yang baik adalah tulisan yang dapat membuat betah si pembaca untuk membacanya, artinya tulisan tersebut menarik untuk dibaca atau dijadikan referensi. Bagi seorang awam, hal ini mungkin terasa sulit, sebab rangkaian tulisan yang kita tulis sulit dipahami olah pembaca.


Tips Agar Tulisan Dibaca Banyak Orang


Bagimana caranya agar tulisan kita dapat dilihat oleh banyak orang? Apa saja tipsnya? Yuk intip caranya.
 

1. Menentukan Tema dan Judul yang Menarik
 

Ini adalah kunci dari setiap akan menulis, karena ini ibarat sebuah pagar yang akan membentengi apa saja yang akan dibahas.

Dalam sebuah penulisan biasanya dalam mencari referensi akan menemukan topik-topik pengembangan dari topik awal. Hal inilah yang yang membuat sebuah tulisan menjadi tidak fokus pada sebuah inti permasalahan.


2. Memilih Angle (Sudut Pandang)

 

Ilustrasi View (sumber: Freepik)

Ilustrasi View (sumber: Freepik)


Pemilihan angle ini sebagai turunan dari tema. Ketika tema sudah ditentukan, barulah menentukan dari sisi mana akan dibahas.

Penentuan angle ini tentunya harus jelas, dan tidak bias, serta dapat menggunkan rumus 5W (What, When, Who, Where, Why) + 1H (How).

Baca Juga: Titipkan Tulisan pada Platform yang Tepat!


3. Membuat Kerangka Artikel Sederhana 


Membuat artikel ini haruslah dibuat kerangkanya, sebab ini akan membuat sebuah tulisan artikel akan mudah dipahami. Disarankan menggunakan konsep segitiga yakni: lead, isi, dan penutup.

Konsep segitiga ini digunakan agar tulisan yang dibaca menjadi runut, sehingga pembaca akan mudah dan cepat mengerti apa yang kita tulis.

Dalam menulis lead dapat berupa background atau penjelasan singkat. Banyak pembaca tidak memiliki waktu banyak dalam mebaca tulisan, disarankan kesimpulan dari seluruh artikel ada di lead artikel. 


4. Susun Kalimat atau Kata yang Mudah Dipahami
 

Ilustrasi Mengetik (sumber Freepik)

Ilustrasi Mengetik (sumber Freepik)


Sebuah tulisan akan menjadi menarik apabila menggunakan kata-kata sederhana yang biasa digunakan sehari-hari. Ini merupakan sebuah unsur kedekatan yang dapat membuat awareness si pembaca.

Termasuk penggunakan tanda baca, serta hindari penggunaan kata yang sama dalam satu paragraf, Jika memang terpaksa, gunakan sinonim dari kata tersebut. 


5. Lugas


Seperti pada point 1, dalam menulis artikel haruslah to the point dan tidak berbelit-belit. Ini disebabkan supaya pembaca dapat langsung memahami tulisan kita dalam satu kali baca. Selain intu ini digunakan agar topik pembahasan tetap berjalan sesuai dengan tema awal. 

Itulah tips singkat bagaimana menulis artikel menarik, tambahkan pula foto pendukung agar pembaca dapat lebih mudah memvisualisasikan maksud dari tulisan kita.

Jangan lupa untuk selalu memperdalam riset dari berbagai macam sumber terpercaya, supaya tulisan yang kita publikasikan tidak dikategorikan hoaks atau palsu. 

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.