Fresh Graduate Pilih Gaji Besar Atau Kenyamanan Kerja?

Fresh graduate lebih baik gaji besar atau kenyamanan kerja (Foto: Canva)

Fresh graduate lebih baik gaji besar atau kenyamanan kerja (Foto: Canva)

Like

Kenyamanan kerja memang sangat penting buat perjalanan karir yang panjang, khususnya bagi fresh graduate. Lagi-lagi mereka selalu dihadapkan dengan pilihan gaji besar atau kenyamanan kerja?
 
Keduanya sama pentingnya, tetapi rasanya cukup sulit untuk menentukan tempat kerja yang menawarkan antara gaji besar dan kenyamanan kerja bagi karyawan.

Terkadang jika di tempat kerja yang nyaman, gajinya kecil. Begitupun sebaliknya dengan gaji besar tetapi tempat kerja yang tidak nyaman.
 

Jadi, fresh graduate pilih gaji besar atau kenyamanan kerja?

 
Karyawan di dunia kerja memang sering merasa bingung memilih antara gaji besar atau kenyamanan kerja. Itu semua karena jarang juga tempat kerja yang menyediakan keduanya. 

Baca Juga: Berapa Sih Gaji Fresh Graduate di BUMN?
 
Lingkungan memang menjadi faktor utama bagi karyawan, karena lingkungan inilah yang nantinya akan menjadi tempat dimana pekerja akan bertahan berpuluh-puluh tahun mencari nafkah. 
 
Banyak yang berpendapat bahwa kenyamanan dalam tempat kerja merupakan hal nomor satu, terutama bagi fresh graduate.
 
Gaji memang penting tetapi untuk sebagian fresh graduate lebih baik memilih lingkungan yang mendukung. Seperti bisa bertemu dengan klien dari perusahaan lainnya agar bisa membangun relasi yang luas.
 
Uang atau gaji bukan menjadi faktor utama, kecuali bagi orang-orang tertentu. Banyak sekali karyawan yang memilih meninggalkan tempat kerjanya meskipun dengan gaji yang besar, tentunya disebabkan ketidaknyamanan di tempat kerja.
 
Jadi bagi sebagian fresh graduate memilih lingkungan kerja yang mampu membuat nyaman berada di atas gaji yang besar. Dengan lingkungan yang kondusif maka mampu memiliki daya kompetitif yang tinggi.
 
Kenyamanan tempat kerja lebih baik daripada gaji besar tetapi memiliki ketidaknyamanan di tempat kerja. 
Atasan yang memberikan motivasi kepada karyawan akan membuat lebih bersemangat bekerja dibandingkan dengan semangat ketika memilih gaji besar.
 
Partner di tempat kerja juga akan mempengaruhi kenyamanan kerja apabila teman kerja membuat lebih konsentrasi dibandingkan dengan konsentrasi memilih gaji besar.
 
Lingkungan kerja yang baik akan mempengaruhi kinerja karyawan di tempat kerja. Partner dan atasan tentunya menjadi kunci kinerja di perusahaan, diluar kemampuan kerja yang kita miliki. 
 
Jadi bagi fresh graduate sebisa mungkin buatlah hubungan yang baik dengan partner kerja dan atasan.
 
Memiliki tempat kerja yang nyaman jauh lebih baik dan menyenangkan dibandingkan dengan memiliki gaji yang besar tapi tempat kerja yang tidak sehat.
 
Nah, kalau kamu lebih memilih yang mana nih?

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.