Polusi Udara Jakarta Parah, Ini Jenis Polusi yang Perlu Diketahui!

Ilustrasi Polusi Udara (sumber: Freepik)

Ilustrasi Polusi Udara (sumber: Freepik)

Like

Ditengah era globalisasi serta mudahnya mobilitas orang saat ini, tentunya dunia menghadapi tantangan yang berdampak negatif pada lingkungan. Salah satunya polusi atau pencemaran lingkungan terutama di kota-kota besar penyokong ekonomi di dunia.

Di Indonesia sendiri, khususnya di Jakarta pada minggu kedua bulan Agustus 2023 ini, menurut situs Indeks Kualitas Udara IQAir, menduduki 5 besar kota yang paling berpolusi udara di dunia.

Data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI menunjukkan bawha penyebab polusi udara di Jakarta adalah dari emisi gas buang transportasi berkontribusi sebesar 44 persen disusul dengan industri energi 31 persen, lalu manufaktur industri 10 persen, sektor perumahan 14persen, dan komersial 1 persen.

Namun, apakah yang dapat mencemari lingkungan hanyalah polusi udara? Yuk simak jenis-jenis polusi yang dapat mencemari lingkungan.


Apa itu Polusi?


Menurut Kamus Besar Bahas Indonesia (KBBI) Polusi adalah bercampurnya zat pencemar (polutan) ke dalam lingkungan karena aktivitas manusia atau kegiatan alami. Polusi ini tentunya akan berdampak pada  menurunnya bahkan dapat merusak kualitas lingkungan.


Baca Juga: Polusi Udara di Jakarta Kian Parah! Apa yang Harus Dilakukan?
 

Jenis-Jenis Polusi


1. Polusi Udara

 

IQAir Report 2022

South East Asia IQAir Report 2022


Polusi udara adalah pencemaran yang terjadi di udara. Penyebabnya adalah bercampurnya zat polutan dengan udara yang jumlahnya melewati ambang batas normal. Menurut laporan situs IQAir pada tahun 2022 Indonesia masuk dalam nomor 1 dengan kualitas buruk di Asia Tenggara.

Zat polutan yang dapat mencemari udara antara lain Sulfur Oksida (SOx), Karbon Monoksida (CO), Karbon Dioksida (CO2), Nitrogen Oksida (NOx), dan Hidrokarbon. Ini jika dibiarkan tentunya akan mempengaruhi kesehatan manusia. 


2. Polusi Air

 

Ilustrasi Polusi Air (Sumber: Freepik)

Ilustrasi Polusi Air (Sumber: Freepik)

Polusi air merupakan pencemaran yang terjadi pada air seperti di sungai, pantai, danau, dan air tanah. Ini tentunya berdampak pada menurunnya kualitas air.

Polusi air terjadi dapat terjadi akibat aktivitas pembuangan zat polutan yang berasal dari limbah rumah tangga, limbah pertanian, limbah industri, dan limbah pertambangan.

Perlu di ingat bahwa air merupakan instrumen penting keberlangsungan kehidupan. Jika air menjadi tercemar maka akan berdampak tidak baik takn hanya pada manusia, namun pada pada makhluk hidup lainnya.


3. Polusi Tanah

 

Ilustrasi Polusi Tanah (sumber: Freepik)

Ilustrasi Polusi Tanah (sumber: Freepik)

Polusi tanah ini terjadi akibat adanya zat polutan yang mencemari tanah. Zat polutan yang dibuang mengenai permukaan tanah akan mencemarkan serta menurunkan kualitas tanah.

Baca Juga: 5 Tanaman Hias Ini Bisa Bersihkan Polusi dalam Rumah!

Seperti misalnya tanah menjadi tidak subur yang menyebabkan pertanian menjadi gagal panen. Biasanya zat polutan ini terjadi akibat pembuangan limbah yang sembarangan dan terbawa oleh air yang diserap oleh tanah.


4. Polusi Cahaya

  

Ilustrasi Cahaya (Sumber: Freepik)

Ilustrasi Cahaya (Sumber: Freepik)

Polusi cahaya merupakan keadaan dimana pancaran cahaya yang berlebihan sehingga mengganggu. Ini biasanya terjadi di kota-kota besar yang berasal dari gedung-gedung pencakar langit, selain itu bisa juga dari lampu kendaraan yang diluar standar yang ditetapkan. Hal ini dapat mengganggu pengelihatan.
 

5. Polusi Suara

 

Ilustrasi Suara (Sumber Freepik)

Ilustrasi Suara (Sumber Freepik)


Polusi suara merupakan keadaan dimana suara yang keluar menyebabkan kebisingan sehingga dapat mengganggu pendengaran. Tingkat desible (dB) yang dapat mengganggu manusia adalah ketika suara yang dihasilkan melebihi dari 80 dB.

Apabila ini dilakukan terus menerus akan menurunkan produktivitas manusia akibat gangguan pendengaran

Inilah beberapa jenis polusi yang seringkali ada di sekitar kita. Yuk kita lakukan yang terbaik, jangan samapi apa yang kita lakukan dapat menyebabkan polusi, dan merugikan diri kita sendiri.

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.