Jangan Buang Waktu Berhargamu untuk 8 Hal Berikut!

Waktu (Sumber gambar: istockphoto.com )

Waktu (Sumber gambar: istockphoto.com )

Like

“Waktu ibarat pedang, jika engkau tidak menebasnya maka ialah yang akan menebasmu" Imam Asy Syafii.


Berbicara tentang waktu memang tidak ada habisnya. Banyak yang melakukan interpretasi terhadap sebuah kata yang bernama waktu, baik berbentuk kata-kata bijak, puisi, maupun sebuah cerita.

Nah, seperti kutipan di atas, sebenarnya saat kita tidak mengatur waktu sebaik mungkin, bisa saja menjadi pedang dan akan menebas kita, loh.


8 Hal yang Perlu Dihindari Agar Waktu Tidak Terbuang


Oleh sebab itu, ada 8 hal yang perlu dihindari agar waktu kita tidak terbuang sia-sia. 


1. Berusaha Menyenangkan Semua Orang


Istilah saat ini adalah people plesure, seseorang yang selalu berkata "iya" untuk memenuhi ekspektasi orang lain, istilah lainnya adalah "gak enakan".

Hal ini tidak baik, karena akan membuang-buang waktu serta membuat fisik dan mental diri sendiri kelelahan karena harus berbuat demi orang lain. Bahkan, dampak terburuknya adalah menyalahkan diri sendiri atas kejadian buruk yang dialami orang lain.


Baca Juga: Teknik Pomodoro Bikin Manajemen Waktu Jadi Efektif!


2. Berteman dengan Orang Toxic


Orang toxic cenderung merugikan orang lain, untuk menjauh dari mereka tetapkan batasan yang tegas, karena kecenderungan orang toxic akan membahas hal yang tidak penting.

Selain itu, Be-emers juga bisa membatasi dengan tidak terlalu penasaran dengan urusan orang tersebut.


3. Selalu Kepo dengan Berita Viral


Saat scroll timeline media sosial, kita cenderung membaca berita yang sedang trending, meskipun ada baiknya, tetapi selalu kepo merupakan hal yang buruk dan sama dengan menyia-nyiakan waktu.

Penasaran dengan berita viral boleh saja, tetapi tidak boleh terlalu sering yah, Be-emers.


4. Belajar Semua Hal Tanpa Prioritas


Kemampuan menyusun prioritas merupakan hal yang penting dalam manajemen waktu, begitupun dengan penyusunan prioritas dalam hal mencari ilmu atau keahlian.

Apabila masih memiliki banyak waktu atau masih dalam usia muda, hal ini mungkin bisa menjadi lumrah, tetapi apabila sudah menguras banyak waktu dan tenaga untuk mempelajari semua hal, maka ini menjadi hal yang sia-sia.


5. Sibuk dengan Urusan Orang Lain


Tidak terlalu terlibat dengan permasalahan orang lain adalah salah satu kunci efektivitas waktu. Lebih baik menyibukkan diri sendiri dengan urusan yang jauh lebih penting.

Baca Juga: Antara Waktu dan Uang, Be-emers Pilih Mana?

Selain itu, tidak terlalu mencampuri urusan orang lain juga membuat kita menjadi bahagia.


6. Menunggu Inspirasi


Tidak menjemput bola, hanya menunggu dan tidak melakukan apapun merupakan hal yang sia-sia. Tidak perlu menunggu mood untuk mendapatkan inspirasi, asalkan konsisten dan disiplin, suatu karya bisa dihasilkan oleh siapapun.


7. Ragu Mencoba Hal Baru


Memikirkan resiko yang akan terjadi memang merupakan salah satu antisipasi dalam bertindak, tetapi jangan sampai berlebihan dan membuat Be-emers berhenti melangkah, sehingga waktu terbuang percuma. Alangkah baiknya, kita lebih memikirkan langkah apa yang harus dilakukan untuk mendapatkan hal baru.


8. Menunggu Sempurna untuk Action


Kita perlu berproses dan berprogres, tanpa harus menunggu untuk sempurna. Ada quotes lama yang bisa dipakai, learning by doing. Belajar sambil berproses juga merupakan salah satu pilihan untuk mempersingkat waktu.

Nah, Be-emers dari 8 hal di atas, mana hal yang paling sering dilakukan nih? Jangan sampai lebih dari 5 poin yah, karena itu artinya Be-mers sudah terlalu banyak menyia-nyiakan waktu yang berharga loh. Sayang sekali, kan?!

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.