CPNS dan PPPK Resmi Dibuka September 2023, Antisipasi Kegagalan Ini!

Sumber gambar: pinterest

Sumber gambar: pinterest

Like

Sudah sejauh manakah persiapan kamu untuk mengikuti tes seleksi CPNS dan PPPK? Akhirnya yang ditunggu-tunggu, rilis juga! Tes seleksi CPNS dan PPPK resmi dibuka bulan ini (September) pada tanggal 17 September 2023!

Sebelum mengikuti tes seleksi CPNS dan PPPK, pastikan kamu sudah memiliki bekal untuk tes. Karena banyak sekali yang ingin lulus tes seleksi CPNS ataupun PPPK, tapi persiapan bekalnya tidak ada sama sekali.

Bahkan ada yang sekadar coba-coba iseng untuk ikut dengan dalih dan harapan ada keajaiban dan keuntungan datang. Padahal, nasib lulus atau tidaknya itu juga bergantung bagaimana persiapan kita yang sudah matang.

Baca Juga: Berikut Instansi yang Diminati di Pendaftaran CPNS 2021


Penyebab Gagal Tes CPNS yang Harus Diantisipasi


Ada beberapa faktor penyebab gagal tes CPNS/PPPK sebagai berikut:


1. Persiapan kurang maksimal



Sebagaimana yang sudah dipaparkan di awal bahwa persiapan adalah faktor utama untuk menentukan kita lulus atau tidak saat tes.

Baik persiapan dari segi materi ujian maupun dari segi teknik menjawab. Semua itu tentu perlu persiapan yang matang. 


2. Tidak memahami materi dengan baik


Selain persiapan, memahami materi ujian tes ini sangat diperlukan karena tes CPNS/PPPK ini memiliki berbagai jenis pertanyaan. Mulai dari TKD (Tes Kompetensi Dasar) yang mencakup Tes Intelegensia Umum (TIU), Tes Karakteristik Pribadi (TKP), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Apabila peserta tes CPNS/PPPK tidak memahami dengan baik materi-materi di atas, tentu akan kesulitan untuk menjawab pertanyaan tes.

Baca Juga: Apakah Tes MBTI Layak Dipercaya? Simak Alasannya!


3. Tidak Merencanakan Jadwal Belajar


Hal ini sangat penting buat kamu yang ingin lulus tes CPNS/PPPK tahun ini. Merencanakan jadwal untuk belajar materi-materi CPNS akan membawa kemudahan ketika kita akan menjalankan tes.

Namun, untuk melakukan atau merencanakan jadwal belajar ini bukanlah hal yang mudah dilakukan setiap orang yang hendak melakukan tes. Banyak yang hanya merencanakan jadwal untuk belajar, tapi tidak merealisasikannya. 

Pastikan kamu merencanakan jadwal belajar untuk latihan materi-materi CPNS dan PPPK yang terbarukan. Kamu bisa mencari bahan belajar melalui media sosial YouTube atau TikTok.

Sekarang sudah banyak creator yang memanfaatkan media sosial TikTok untuk membuat berbagai konten, salah satunya adalah latihan soal-soal materi CPNS dan PPPK.

Jadi, persiapkan sebaik mungkin mulai dari kesehatan, penguasaan materi, dan berbagai hal lainnya yang mendukung agar saat tes seleksi CPNS/PPPK nanti bisa membawa hasil yang maksimal.

Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.