Jaga Kesehatan Mata Secara Alami dengan Cara Ini!

Menjaga kesehatan mata (Foto: Canva)

Menjaga kesehatan mata (Foto: Canva)

Like

Masalah penglihatan dapat berdampak serius seiring berjalannya waktu. Untuk menjaga kesehatan mata perlu ada treatment khusus yang tidak melulu dengan cara kimiawi.

Faktanya, kehilangan penglihatan dapat menurunkan kualitas hidup dan meningkatkan risiko depresi, diabetes, dan masalah kesehatan lainnya, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS.

Mempraktikkan kebiasaan sederhana sehari-hari dapat membantu Anda meningkatkan kesehatan mata dan mengurangi risiko masalah di masa depan.


Cara Menjaga Kesehatan Mata secara Alami


1. Memakai kaca mata hitam


Mengekspos mata Anda terhadap sinar ultraviolet dapat menyebabkan kerusakan seiring berjalannya waktu. 

Mengenakan kacamata hitam dapat menghalangi sinar UV yang berbahaya, menurunkan risiko penyakit mata seperti katarak, sengatan matahari, kanker mata, dan pertumbuhan di sekitar mata, menurut American Academy of Ophthalmology. 


Kacamata terpolarisasi dengan lensa asap atau abu-abu mungkin memberikan perlindungan terbaik terhadap sinar matahari dan mengurangi silau.


2. Ambil jeda layar


Menatap layar dalam waktu lama dapat menyebabkan mata kering, nyeri pada leher dan bahu, penglihatan kabur, sakit kepala dan ketegangan mata digital, atau sindrom penglihatan komputer. 

American Optometric Association merekomendasikan penggunaan aturan 20-20-20 untuk mencegah sindrom visi komputer. Setiap 20 menit, lihatlah sesuatu yang berjarak setidaknya 20 kaki selama 20 detik.


3. Istirahat membaca buku


Waktu menatap layar bukan satu-satunya cara untuk membuat mata Anda tegang. Saat Anda membaca buku, Anda mungkin juga memegangnya dalam jarak dekat dalam waktu lama. 

Kedua aktivitas tersebut dapat menyebabkan rabun jauh, atau miopia, yang berarti objek yang jauh terlihat buram, sedangkan objek yang dekat terlihat jelas. 

Sama seperti Anda harus menggunakan aturan 20-20-20 untuk mengambil jeda layar, Anda juga harus menggunakan aturan ini untuk jeda buku. 

Jika Anda asyik dengan apa yang Anda baca atau lakukan di komputer, setel alarm agar Anda tidak melewatkan istirahat 20 menit.


4. Pergi ke luar


Anak-anak dan orang dewasa perlu sering keluar rumah, meskipun Anda melakukan olahraga yang direkomendasikan di dalam ruangan. 

Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang menghabiskan waktu di luar ruangan memiliki risiko lebih rendah terkena rabun jauh pada masa remaja dan dewasa. 

Bermain bersama anak Anda di taman bermain setempat, berjalan-jalan di hutan, atau bahkan bermain di halaman belakang dapat membantu seluruh keluarga tetap sehat dan aktif. Jangan lupa kacamata hitammu!


5. Makanlah makanan yang seimbang


Konsumsi makanan yang kaya vitamin A, C dan E, beta-karoten, asam lemak omega-3, lutein, zeaxanthin dan zinc dapat membantu pertumbuhan sel, menurunkan peradangan jaringan mata dan membatasi radikal bebas yang dapat merusak mata.


6. Hindari mengucek mata 


Menggosok atau mengucek mata dapat menyebabkan kerusakan mata atau infeksi. Mata kering dan ketegangan mata dapat membuat ingin menggosok mata, dan beberapa orang mungkin menggosoknya terlalu keras. 

Hal ini dapat menyebabkan masalah seperti penglihatan berkurang atau kabur, sakit kepala, peradangan, sensitivitas mata dan cahaya. 

Alasan lain untuk menghindari menggosok mata adalah karena bakteri atau virus di jari atau tangan Anda dapat menyebabkan konjungtivitis, yang biasa disebut mata merah. 

Daripada menggosok mata, gunakan obat tetes mata atau larutan garam untuk membersihkan mata dan menjaga kelembapannya. 

Selain itu jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan wajah dan area mata. Selalu hapus make up sebelum tidur. Jika ternyata keluhan pada mata terjadi berlarut-larut maka harus segera menghubungi dokter.

Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.