Kehilangan Pelanggan? Yuk, Manfaatkan CRM untuk Kelola Customer!

Penggunaan CRM (Foto: unsplash.com/photos/GFrBMipOd_E)

Penggunaan CRM (Foto: unsplash.com/photos/GFrBMipOd_E)

Like

Ada sebuah franchise minuman dibilang murah ya cukup murah. Jika kamu pernah merasakan enaknya minum ice cream di teriknya siang, kemungkinan kamu tahu merk minuman ini.

Dulu franchise minuman ini booming!  Digandrungi oleh siapa pun, tua, muda sampai anak-anak. Namanya ice cream siapa sih yang enggak suka? 

Tapi, kenapa belakangan ini justru di saat musim panas tiba, pelanggan dari franchise ice cream ini kok tak terlihat. Hilangnya sangat mengagetkan bukan!

Pemilik bisnis atau pemilik outlet juga bingung kemana customernya. Nah, ternyata mereka terlambat untuk mengantisipasi.  

Hilangnya customer ini pasti ada alasan tertentu, entah mereka menganggap ice cream itu sudah tidak enak lagi, atau ada ice cream yang juga punya harga yang sama bisa memberikan kenikmatan yang lebih.


Dunia marketing saat ini sangat “mobile” bergerak terus dan tidak bisa diikuti tanpa menggunakan sistem.
Jika mereka yang berkecimpung dalam dunia marketing pasti sudah mengenal Customer Relationship Management (CRM).


Apa itu CRM?


CRM merupakan strategi bisnis yang bertujuan memperbaiki dan mengoptimalkan interaksi antara perusahaan dan pelanggan. CRM membantu perusahaan untuk memahami kebutuhan dan preferensi pelanggan serta menjaga hubungan baik dengan mereka.


Fungsi utama dari CRM


Jadi fungsi utama atau tujuan dari CRM adalah untuk menjalin hubungan sebaik mungkin dengan para pelanggan, terutama mereka yang pernah membeli produk Anda.

CRM  juga dapat membantu Anda menjangkau pelanggan-pelanggan baru dan mengkonversi pelanggan potensial menjadi pelanggan yang loyal.


7 Manfaat CRM bagi Perusahaan


Yuk, kita simak apa saja manfaat CRM bagi Perusahaan sebelum kita menggunakannya:


1.Meningkatkan kepuasan pelanggan


CRM akan membantu Perusahaan meningkatkan customer satisfaction (kepuasaan pelanggan) dan nilai pelanggan dengan menyediakan layanan pelanggan dan menciptakan hubungan pelanggan lebih baik.


2. Meningkatkan loyalitas pelanggan


Loyalitas pelanggan perlu dijaga. Caranya dengan memahami kebutuhan dan preferensinya. Juga dengan memberikan layanan yang lebih baik.

Mempertahankan pelanggan lama jauh lebih sulit ketimbang mendapatkan pelanggan baru. Jangan sampai Anda menyepelekan pelanggan lama.  Selalu hargai pelanggan sekecil apa pun.


3.Meningkatkan pendapatan perusahaan


CRM membantu meningkatkan pendapatan dengan mempertahankan pelanggan yang sudah ada.   Adanya pelanggan loyal, Anda mengurangi biaya akuisisi pelanggan baru dan mengingkatan pendapatan melalui retensi pelanggan dan up selling.


4.Mengurangi kehilangan pelanggan


CRM membantu perusahaan mengurangi kehilangan pelanggan yang meninggalkan perusahaan dengan mengindentifikasi dan menangani masalah yang mungkin menyebabkan pelanggan merasa tidak puas.


5. Meningkatkan efisiensi bisnis


Mengelola data pelanggan dan operastional dalam satu platform memudahkan akses dan analis data.  Hal ini juga meningkatkan produktivitas karyawan dan manajemen Perusahaan sehingga keputusan bisnis dapat dilakukan dengan cepat dan baik.


6.Meningkatkan pemahaman tentang pelanggan


Mengenal “behaviour” pelanggan sangat penting sekali , pengumpulan data dan menganalisa informasi dan berinteraksi dengan pleanggan membuat semakin memahami preferansi pelanggan.


7.Memudahkan penjualan


Mengoptimisasi  seluruh proses penjualan mulai dari lead generation hingga closing.   Dengan percepatan proses penjualan, artinya mendapatkan peluang penjualan lebih besar.

Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.