Yuk Berdamai, Ini Cara Menerima Diri Sendiri

Menerima diri sendiri (Foto: Canva)

Menerima diri sendiri (Foto: Canva)

Like

Penerimaan diri adalah sebuah proses, tapi jelas merupakan sesuatu yang layak untuk diusahakan.
 
Ada kalanya kita merasa diri ini tidak berguna. Sudah dengan sekuat tenaga seolah kita membuktikan diri kita yang terbaik, tapi tidak ada yang menerima. Pertanyaannya membuktikan pada siapa? Pada orang lain atau pada diri sendiri?
 
Entahlah…
 
Membuktikan bahwa kita sudah melakukan yang terbaik kepada diri sendiri itulah yang terbaik. Itu juga salah satu cara untuk berdamai pada diri sendiri. Lalu, apa lagi?
 

Belajar Menerima Diri Sendiri

 

1. Dimulai dengan bersikap baik dan penuh kasih sayang terhadap diri sendiri
 

Bahkan ketika kita melakukan kesalahan. Ini juga berarti mengakui dan menghargai kekuatan diri kita sendiri, meskipun itu bukan hal yang dianggap penting oleh orang lain.

Lalu, tentang belajar memaafkan diri sendiri dan move on dari kesalahan masa lalu. 
 

2. Mengidentifikasi dan menantang setiap pembicaraan negatif yang kita alami

 
Ketika kita menyadari diri kita berpikir atau mengatakan sesuatu yang tidak baik tentang diri kita sendiri, mundurlah sejenak dan tanyakan pada diri kita apakah itu benar, atau hanya kritik batin kita yang berbicara?

Kita mungkin terkejut melihat betapa kita bisa lebih menerima diri sendiri ketika kita sendiri, jika kita tidak terlalu banyak mengkritik diri kita sendiri.
 

3. Belajar membedakan antara identitas dan tindakan kita

 
Hanya karena kita melakukan kesalahan atau melakukan sesuatu yang tidak kita banggakan, bukan berarti kita orang buruk. Itu hanya berarti kita melakukan kesalahan, dan itu tidak masalah.

Kita semua terkadang melakukan kesalahan, namun hal itu tidak membuat kita kurang layak untuk dicintai atau dihormati kan? 
 

4. Membangun rasa welas asih

 
Ini berarti bersikap pengertian dan baik terhadap diri sendiri, bahkan ketika kita sedang kesulitan atau merasa sedih. Pikirkan bagaimana kita akan memperlakukan seorang teman yang sedang mengalami masa sulit.

Kita mungkin akan bersikap lembut, pengertian, dan penuh kasih sayang. Sekarang cobalah terapkan hal itu pada diri kita sendiri, tentu dengan kebaikan dan pengertian yang sama persis.
 

5. Mempraktikkan rasa syukur terhadap diri sendiri dan hidup kita

 
Ini bisa berupa apa saja, mulai dari bersyukur atas hal-hal yang kita miliki, kualitas-kualitas yang kita miliki, hingga orang-orang dalam hidup kita.


Meluangkan waktu untuk menghargai apa yang kita miliki, daripada berfokus pada apa yang tidak kita miliki, dapat meningkatkan penerimaan diri kita sendiri.
 
Penting untuk diingat bahwa penerimaan diri adalah sebuah perjalanan, bukan tujuan. Kita mungkin tidak langsung merasa damai sepenuhnya dengan diri sendiri, namun seiring berjalannya waktu, kita bisa membuat kemajuan.

Bahkan langkah kecil menuju penerimaan diri dapat membuat perbedaan besar dalam kebahagiaan dan kesejahteraan kita.

Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.