Ini Fitur Google Maps yang Membantu Kurir Pemula!

Aplikasi peta di handphone penting sekali untuk kurir (sumber gambar: canva)

Aplikasi peta di handphone penting sekali untuk kurir (sumber gambar: canva)

Like

Gmaps atau google maps adalah aplikasi peta gratis dan salah satu aplikasi bawaan yang hampir selalu ada di setiap ponsel android sekarang tanpa anda harus mengunduh.

Be-emers dapat menggunakan google maps untuk navigasi atau petunjuk menuju lokasi tertentu dengan gambar real time berbasis lokasi dan bisa juga ditambahkan dengan suara untuk mengetahui kapan kita harus belok, berhenti dan sebelah mana lokasi yang kita tuju.

Aplikasi ini sangat erat kaitannya dengan profesi kurir. Apalagi sebagai kurir pemula, google maps akan sangat membantu untuk mengirim paket.

Selain untuk mengetahui lokasi, berikut fitur google maps yang jarang dipakai namun akan sangat berguna bagi kurir pemula.


Fitur Google Maps untuk Pemula


1. Fitur Tambah Perhentian


Fitur ini akan sangat membantu kurir pemula untuk melakukan perencanaan rute. Dengan menambahkan perhentian, kurir pemula dapat mengkalkulasi arak yang akan ditempuh saat mengantar paket ke beberapa alamat.


Fitur ini juga dapat digunakan untuk mengurutkan alamat yang akan dituju sehingga jarak yang ditempuh menjadi lebih efisien.


2. Fitur Street View


Fitur ini dapat digunakan untuk memastikan rumah yang mana yang merupakan alamat tujuan. Biasanya sebagai kurir, kita akan menghubungi penerima untuk info lebih detail alamatnya.

Dengan fitur ini kita dapat memastikan gambar rumah kepada penerima, gambar foto rumah yang telah kita simpan, untuk konfirmasi.

Sayangnya, fitur ini tidak selalu ada di setiap lokasi. Banyak gang kecil atau lokasi terpencil yang tidak bisa diakses street view. Namun hal ini tidak mengurangi manfaat dari fitur ini. 


3. Fitur Mode Offline


Sebenarnya ini bukan fitur yang sangat bagus, karena tidak terlalu terpakai. Namun saat membutuhkan, fitur ini bagai dewa penolong bagi kurir pemula.

Kondisi sinyal susah di daerah pelosok atau kehabisan paket data sangat menggangu kelancaran pengiriman paket dan fitur ini adalah salah satu solusinya.

Tanpa menggunakan paket data atau sinyal, google maps akan tetap berjalan sesuai maps offline atau peta offline yang sudah kita simpan. Mode ini memang membutuhkan ruang penyimpanan di ponsel kita, namun hal ini akan terbayar saat kondisi tersebut kita alami. 

Nah, bagaimana Be-emers, beberapa fitur itu bisa membantu untuk memudahkan pekerjaan kurir, lho!

Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.