Elon Musk Mau Ganti Nama Wikipedia Jadi Ini?

Tweet Elon Musk

Tweet Elon Musk

Like

Elon Musk masih belum bosan jadi bahan pemberitaan media. Setelah mengambil alih Twitter dan mengubah namanya jadi X, kini ia mau mengubah nama Wikipedia. Jadi apa yaa?

Obrolan Musk soal Wikipedia ini bermula dari tweetnya soal Wikipedia. Musk berkata bahwa dia bersedia membayar Wikipedia sebesar US$1 miliar jika mereka mengubah nama. 

Awalnya dari tweet Elon Musk yang mengcapture laman Wikipedia yang menunjukan bahwa Wikipedia tidak untuk dijual. Foto tersebut bertuliskan “Wikipedia is not for sale. A personal appeal from Jimmy Wales…”

Tweet tersebut dipublikasikan pada tanggal 22 Oktober. Lalu Musk meng-quote tweet tersebut dengan tambahan kata-kata “I will give them a billion dollars if they change their name to Dickipedia”

Musk melanjutkan bahwa ia akan melakukannya demi kepentingan akurasi informasi. Namun, sebelumnya Musk membagikan tangkapan layar pesan pendiri Wikipedia yang meminta donasi untuk mendukung situsnya.


Elon Musk Tantang Wikipedia Ganti Nama



Menurut Musk, Wikipedia sebenarnya tidak memerlukan dana sebanyak itu untuk menjalankan operasinya.
Dalam tweetnya ia mengatakan, "Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa Wikimedia Foundation menginginkan begitu banyak uang? Tentu saja uang itu tidak diperlukan untuk mengoperasikan Wikipedia”

“Anda benar-benar dapat memasukkan salinan seluruh teks ke dalam ponsel Anda! Jadi, untuk apa uang itu?"

Nah, dari situlah Elon Musk menantang Wikipedia untuk mengubah nama menjadi Dickipedia dan akan memberikan US$1 miliar jika gayung bersambut. 

Tidak hanya sampai disitu, Elon Musk memberikan syarat tambahan yaitu setidaknya Wikipedia mempertahankan nama barunya setidaknya selama satu tahun.

Postingan Elon Musk ini telah ditonton sebanyak 9,9 juta kali. Reaksi dari netizen pun beragam karena tweet Musk ini. Ada yang sependapat soal donasi Wikipedia ini, ada yang menganggap perseteruan mereka hanya sebagai tontonan. 


Awal Perseteruan Elon Musk dan Jimmy Wales


Pada bulan Mei tahun ini, pendiri Wikipedia Jimmy Wales mengecam Musk karena menyensor kritik terhadap presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di Turki, sehari sebelum pemilihan presiden yang sangat diperebutkan di negara itu. 

Dalam sebuah postingan, Wales mengecam miliarder tersebut karena tidak mendukung kebebasan berpendapat ketika ia menuruti tuntutan Turki untuk membatasi konten. 

Dalam postingannya, Wales menyebutkan bahwa ketika dia menghadapi situasi serupa, Wikipedia menolaknya.

Pokoknya hati-hati deh kalo berurusan sama Elon Musk, bisa panjang.

Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.