Harga Emas Melambung Tinggi , Saatnya Menjual?

Logam Emas. Sumber:  RC.NYZ.NFT Gallery-unsplash

Logam Emas. Sumber: RC.NYZ.NFT Gallery-unsplash


Investasi apa yang saat ini sedang naik daun? Investasi emas salah satunya. Bayangkan harga emas batangan bersertifikat Antam telah tembus sampai  Rp.1,1 juta per gram pada tanggal 19 Oktober 2023.

Dilansir dari situs logammulia.com, harga emas PT. Aneka Tambang Tbk pada hari Kamis meningkat Rp.12.000 , dari harga awalnya Rp.1,08 juta menjadi Rp.1,1 juta.    

Rekor Melonjaknya harga emas di tahun 2023 ini terjadi dua kali. Pertama  pada 17 Maret 2023,  harga emas melonjak sebesar 3,37 persen sehari.

Penyebabnya adalah emas melesat tinggi setelah AS diguncang oleh krisis perbankan karena ada 3 bank AS ditutup yakni Silicon Valley Bank (SVB), SIlvergate Bank, Signature Bank.

Yang kedua pada 13 Oktober 2023, harga emas melonjak sebesar 3,37 persen dari poisis USD 1,931.70 per troy ons.


Apa penyebab harga emas melambung tinggi?



Pengaruh besar dari kenaikan harga emas adalah perkembangan perang Israel vs Hamas serta situasi ekonomi AS.

Ketika perang antara Israel vs Hamas tidak terkendali, memanas hingga meluas,  para investor segera mengantisipasi untuk beralih ke aset yang aman setelah terjadi ketegangan di Gaza.  

Saat ini emas bergerak dari USD 1,800-1,900 per troy ons.  Mengutip dari Reuters ,  jika ada hal-hal yang membuat perang makin memuncak maka harga emas akan meningkat mencapai USD 2,000.

Pengaruh yang lainnya adalah adanya kebijakan The Fed pada bulan November 2023 yang disampaikan oleh Bank Sentral Amerika Serikat dalam Acara Ekonomic Outlook,  bahwa  the Fed akan menaikkan suku bunga acuan sebesar 25 bps. Jadi suku bunga yang dulunya 8,1 persen  akan menjadi 10,6 persen.

Dengan kenaikan the Fed, banyak capital outflow dari investor asing, sehingga melemahnya  mata uang rupiah 130 poin menjadi Rp.15.815 dari sebelumnya Rp.15.730.

Bank Indonesia sudah melakukan kebijakan stabilisasi rupiah dari meningkatnya ketidakpastian global serta langka pre emptive dan forward looking . 


Apakah harus menjual emas saat harga tinggi?


Jika Anda memiliki emas batangan  pasti tergiur untuk menjualnya karena harga yang tinggi dari harga beli akan mendatangkan profit besar. Sesorang  perencana independent, Safir Senduk mengingatkan investor pemilik emas untuk tidak terburu-buru menjual emas untuk mengambil profit taking. 

Saran berikutnya  adalah menjual emas harus disesuaikan dengan kebutuhan.  Investasi emas adalah investasi jangka panjang bukan sekedar untuk ambil keuntungan.

Alasan dunia dipenuhi dengan ketidakpastian, sehingga tidak ada salahnya tetap memiliki emas sebagai aset.  Tren harga emas ini akan terus beranjak naik dengan adanya momen-momen yang bergejolak.


Apakah tepat waktunya untuk membeli emas?

  • Kepada mereka yang belum sempat membeli emas sebagai investasi,  perlu diperhatikan agar tetap aman dan memiliki keuntungan untuk belie mas
  • Jangan membeli emas pada saat harga emas sudah menyentuk Rp.1juta setiap gram.  Harga yang terlalu tinggi untuk membeli.
  • Selain harga tinggi, harga jual  tentunya belum tentu naik lebih besar dari saat ini.  Membeli emas di harga yang tinggi , Anda tidak akan memperoleh untung besar ketika menjual.
  • Disarankan juga untuk membeli emas digital yang tidak membutuhkan tempat penyimpanan.  Selain itu keuntungannya adalah dapat dilakukan dengan modal kecil
  • Rutin memantau pergerakan emas sehingga kapan  Anda bisa mengetahui waktu tepat membeli dan menjual logam mulia

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.