Danau Toba Dapat Kartu Kuning dari UNESCO! Kok Bisa?

Instagram Bisnis Muda

Instagram Bisnis Muda

Like

Be-emers, Senin (2/10) lalu, kabar kurang mengenakkan datang dari Kaldera Toba alias Danau Toba. Pasalnya, danau kecintaan warga Sumatera ini mendapat ‘teguran’ dari UNESCO.

Badan Pengelola Kaldera Toba Geopark mendapatkan yellowcard atau kartu kuning dari UNESCO lantaran ada beberapa hal yang dianggap masih kurang.

Hal ini membuat status Kaldera Toba sebagai Global Geopark terancam dicabut. Padahal status Kaldera Toba sebagai global geopark sudah diperoleh sejak Juli 2020.

Tentunya status tersebut diperoleh melewati beberapa sidang Dewan Eksekutif UNESCO bersama 15 Global Geopark baru lainnya.

Waktu itu, Kaldera Toba diyakini punya kaitan geologis dan warisan tradisi yang tinggi dengan masyarakat lokal, khususnya budaya dan keanekaragaman hayati.


Apa yang membuat Kaldera Toba mendapat kartu kuning dari UNESCO?



Menurut Kepala Badan Pengelola Kaldera Toba UNESCO Geopark Sumatra Utara, Zumri Sulthony, ada 7 rekomendasi yang menjadi PR dari UNESCO untuk pengelola.
  1. 1. Menurut hasil temuan validator, pemetaan warisan geologi di kawasan ini masih kurang.
  2. 2. Warisan lainnya seperti warisan budaya, warisan tak beda, dan warisan tak diperuntukkan masih kurang dan harus dilakukan pemetaannya.
  3. 3. Manajemen Badan Pengelola kurang representatif, jadi perlu dilakukan perubahan manajemen.
  4. 4. Visibilitas seperti gerbang, monumen, dan panel interpretasi yang nggak optimal, padahal seharusnya bisa mempermudah pengunjung untuk eksplor kawasan geopark.
  5. 5. Logo-logo geopark di seluruh area Kaldera Toba seperti di brosur, buku, ataupun peta yang belum optimal.
  6. 6. Badan Pengelola diminta untuk memperkuat kegiatan partnership baik yang bersifat lokal, nasional, maupun internasional.
  7. 7. Badan Pengelola diminta untuk menguatkan komunitas terhadap jaringan ataupun perwakilan UNESCO yang ada di Indonesia maupun yang di Paris.

Atas sejumlah PR tadi, Badan Pengelola Kaldera Toba dikasih waktu selama 2 tahun ke depan untuk melakukan perubahan dan perbaikan.

Artikel ini juga tersedia dengan visual yang lebih menarik di Instagram Bisnis Muda lho, Be-Emers!

Pastikan kamu melihatnya dengan klik foto di bawah ini, ya!

Jangan lupa tinggalkan kritik, saran, atau masukan di kolom komentar!

 

Instagram Bisnis Muda

Instagram Bisnis Muda