Apakah Investasi Emas Tepat di 2024? Kapan Beli dan Kapan Jual?

mathieu-stem-unsplash

mathieu-stem-unsplash

Like

Ada seseorang yang bertanya kepada saya, jika outlook 2024 penuh tidak kepastian, lalu bagaimana dengan investasi emas.  Anggapan orang yang bertanya kepada saya, emas adalah safe heaven investasi yang sangat aman di segala situasi.

Tidak ada kepastian politik atau ekonomi di tahun 2024 termasuk investasi emas. Apalagi harga emas dipengaruhi beberapa faktor, salah satunya adalah suku bunga  acuan yang ditetapkan oleh The Fed.


Bagaimana Suku Bunga Acuan dapat Berpengaruh?


Di setiap negara ada Bank Sentral yang memonitor devisa dan lalu lintas devisa untuk menstabilkan fiskal dan moneter. Kebijakan Bank Sentral di Amerika Serikat ditentukan oleh The Federal (The Fed).

Salah tugas the Fed adalah menentukan kenaikan dan penurunan suku bunga acuan setiap bulannya.  Suku bunga acuan itu  sebagai acuan bagi lembaga keuangan untuk menetapkan bunga simpanan atau bunga pinjaman.

Kebijakan The Fed ini dalam menetapkan kenaikan/penurunan suku bunga akan mempengaruhi kebijakan perbankan di seluruh dunia. 


Bahkan, suku bunga the Fed ini dijadikana acuan atau pedoman bagi pelaku investasi emas. Dalam investasi emas selalu melihat apakah suku bunga The Fed sedang naik, akan naik, atau turun. 

Pengaruh suku bunga acuan terhadap emas adalah selalu kebalikannya artinya jika suku bunga naik maka sebaliknya harga emas akan cenderung turun. Ketika suku bunga naik, otomatis  investor lebih menyukai membeli  obligasi yang harganya ikut naik.   

Investor menarik dana untuk menabung dalam US Dollar atau  investasi lain maka  demand terhadap emas akan turun, oleh karena itu harganya melemah atau  cenderung turun.  

Jika harga emas turun tentunya waktu untuk membeli bagi mereka yang memang sudah menyiapkan dana untuk pembelian.

Sebaliknya jika suku bunga turun maka harga emas akan naik. Mereka yang menyimpan emas sudah lama, bisa melepaskan atau menjualnya dengan keuntungan yang besar.

Dengan mengetahui suku bunga dapat mempengaruhi harga emas, maka Anda dapat menentukan kapan waktu tepat untuk membeli atau melakukan buyback emas. 


Harga Emas Dalam Negeri


Harga emas di pasar dunia jadi salah satu faktor dari harga emas di dalam negeri.  Jadi naik turunnya harga emas di pasar dunia jika diikuit oleh harga emas di dalam negeri.

Emas sebagai alat investasi jangka panjang bukan untuk jangka pendek karena index harga itu untuk jangka panjang


Kapan Waktu Tepat Membeli Emas?


Seperti yang telah dijelaskan di atas harga emas dipengaruh oleh banyak hal, salah satunya suku bunga, juga kondisi sosial politik di berbagai negara. Meskipun logam mulia dianggap sebagai aset yang aman, investor membeli untuk menyelamatkan dana agar tidak tergerus dari inflasi.  

Apalagi jika terjadi krisis maka harga emas justru akan naik.  Contohnya ketika terjadi pandemi Covid-19 dan ketegangan antara Rusia dan Ukraina, harga emas langsung melonjak tinggi.

Meskipun harga emas naik turun, tetapi kenaikan justru konsisten.  Apabila diprediksi akan terjadi krisis, di situlah harga akan naik,  tetapi tetap memantau harga emas terbaru.

Saat rupiah menguat, harga emas turun. Sebaliknya ketika rumah melemah, harga emas akan naik.  Memantau pergerakan rupiah dan harga emas secara rutin merupakan waktu yang tepat untuk beli emas.


Kapan Waktu Tepat Menjual Emas?


Sebagaimana waktu beli emas, waktu jual pun Anda harus ingat berapa harga beli emas yang Anda lakukan.  Apakah sudah cukup mengunntungkan dari harga beli? 

Ingatlah bahwa untuk harga jual emas,  biasanya patokan harga yang digunakan jauh lebih tinggi  sehingga ada selisih  harga yang dianggap keuntungan.

Perhitungkan dengan tepat keuntungan,  jangan sampai meleset.  Emas bersifat likuid dan mudah sekali dicairkan.

Momen tepat untuk menjual adalah harga emas naik cukup tinggi dan Anda memastikan sudah cukup keuntungan dan kebutuhan uang.

Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.