Menumbuhkan Semangat Menulis Lewat Komunitas Blogger Muda!

Ekstrakurikuler “Blogger Club” (dokumentasi pribadi)

Ekstrakurikuler “Blogger Club” (dokumentasi pribadi)

Like

Tahun ini, saya dipercaya lagi sebagai pembimbing ekstrakurikuler “Blogger Club” di sekolah tempat saya mengajar. Kepercayaan menjadi pembimbing ekstrakurikuler yang sarat dengan tulis menulis ini, sudah saya lakoni lebih dari lima tahun.

Bagi saya, menjadi pembimbing ekstrakurikuler, tentu menjadi tantangan dan sekaligus kesempatan.

Menjadi tantangan, karena saya sekaligus dapat terus mengembangkan diri, sebab sesungguhnya tidak ada kata berhenti untuk belajar.

Hal ini menjadi upaya untuk menyelaraskan diri dengan kemajuan atau perkembangan literasi serta teknologi digital yang berkaitan dengan dunia blog.

Sementara menjadi kesempatan, karena saya dapat berbagi pengalaman dan pengetahuan yang saya dapatkan selama menjadi blogger sejak tahun 2014. Serta mampu menularkan motivasi dan inspirasi menulis bagi generasi terkini, yang notabene tidak banyak lagi siswa yang tertarik untuk menulis.


Setidaknya, hobi ngeblog ini telah memberikan banyak pengalaman bagi saya. Mulai dari kesempatan mengunjungi beberapa daerah di negeri ini, bertemu dan belajar dari para tokoh nasional dan praktisi di berbagai bidang, memperluas jaringan, hingga memperoleh lebih dari 70 penghargaan menulis (ngeblog).

Baca Juga: Tips Agar Menghasilkan Uang dari Blog 


Komunitas Blogger Muda


Kembali ke pokok utama, tentang membimbing ekstrakurikuler. Setelah melakukan uji coba sebanyak dua kali, akhirnya di tahun ajaran ini, ternyata ada tujuh orang yang tertarik dan berkomitmen untuk belajar bersama di Blogger Club yang ada di sekolah tempat saya mengajar.

Pada pertemuan perdana (11/8/2023), setidaknya dari ketujuh peserta Blogger Club tersebut, ada berkomitmen untuk mengembangkan ketrampilan menulis dan pendukungnya, menumbuhkan rasa percaya diri untuk mempublikasikan tulisan, serta meningkatkan minat baca yang dapat mendukung hobi menulis dan untuk mendapatkan ide tulisan.

Ada juga yang berkomitmen untuk disiplin dan konsisten menulis, menulis hal-hal yang dapat bermanfaat bagi orang lain, menulis dengan senang hati tanpa beban, meningkatkan kosa kata dan penulisan yang benar berdasarkan aturan yang ada, serta meningkatkan kecepatan menulis.

Satu hal yang tidak kalah penting, ada yang ingin meningkatkan prestasi dan memenangkan lomba. Terutama bagi mereka yang ingin mendapatkan sertifikat untuk kepentingan masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP).

Sebagai pembimbing, berharap komitmen yang telah di ambil dapat terwujud.

Baca Juga: Model Bisnis Media Online, Yuk Bloggers! 

Untuk membantu mereka, maka dari awal setiap peserta Blogger Club telah disarankan untuk memiliki akun di beberapa platform, salah satunya Bisnismuda.id

Penggunaan platform Bisnismuda.id, sebenarnya bukan suatu yang baru bagi kami, karena tahun-tahun sebelumnya juga kami sudah menggunakan platform ini untuk peserta Blogger Club.

Beberapa peserta Blogger Club sangat tertarik dengan platform ini, karena tampilan yang kekinian dan menarik, serta ada berbagai manfaat yang mereka dapatkan.

Akhir kata, selamat belajar para blogger muda, mari terus berkarya!

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.