Soft Skill Apa Aja Sih yang Kamu Butuhkan Biar Sukses? Cek di Sini

Soft Skill - Canva

Soft Skill - Canva

Like

Skill atau keterampilan tentunya jadi kunci utama untuk bisa menekuni dengan baik suatu profesi. Makanya, enggak heran, keterampilan seseorang akan mempengaruhi perjalanan karirnya.

Bahkan, dalam informasi lowongan pekerjaan, keterampilan jadi poin yang cukup penting bagi perusahaan untuk merekrut karyawan baru. Soalnya, keterampilan tersebut haruslah sesuai dengan job desk yang akan dikerjakan nih, Be-emers.

Di sisi lain, ternyata soft skill juga menjadi hal yang cukup krusial lho! Dengan memiliki soft skill yang mumpuni, hal itu bisa berpengaruh ke performa kerja seseorang, baik itu seorang karyawan, pekerja lepas, hingga wirausaha.

Dikutip dari laman Bisnis, ada sejumlah soft skill yang bisa jadi kunci untuk meraih kesuksesan kamu, Be-emers. Ada apa aja sih?

Baca Juga: Fresh Graduated, Ini Interpersonal Skill yang Wajib Kamu Miliki
 

Pikiran Terbuka

Bisakah kamu membayangkan dunia, dimana orang enggak terbuka terhadap ide-ide baru? Sudah bisa dipastikan kalau enggak akan ada kebebasan berbicara dan inovasi.


Tentunya, kamu enggak harus setuju dengan setiap ide. Namun, orang ingin berada di sekitar mereka, yang seenggaknya, mendengarkan perspektif yang berbeda atau cara baru dalam melakukan sesuatu.
 

Komunikasi

Tertulis atau lisan, mengetahui bagaimana mengkomunikasikan ide kamu secara efektif adalah soft skill yang sangat penting lho! Kalau ada orang lain yang enggak bisa memahami kebutuhan dan keinginan kamu, itu akan menjadi masalah!

Nah, kamu bisa kok belajar menjadi lebih baik dalam berkomunikasi, dengan melakukan lebih banyak komunikasi dengan orang-orang di sekitar kamu.
 

Memberi dan Menerima Kritik Saran

Ada beberapa orang yang sama sekali enggak masalah untuk menyuarakan pikiran dan pendapat mereka. Di sisi lain, ia justru sangat buruk dalam menerima kritik yang membangun.

Makanya, penting untuk mempelajari cara memberi serta menerima umpan balik untuk mendorong pertumbuhan positif bagi kamu dan orang yang bekerja dengan kamu.
 

Jaringan

Manusia adalah makhluk sosial dan punya jaringan yang mengarah pada persahabatan, pernikahan, dan pekerjaan baru.

Jadi, kamu perlu keluar dan membangun jaringan dengan orang-orang nih, Be-emers. Hal itu bakal membantu kamu membentuk kontak baru dan mengenal orang yang bisa saja dapat membantu hidup kamu.
 

Antusias

Jangan menjadi seseorang yang selalu mengeluh tentang setiap hal kecil. Kamu jelas enggak akan sukses jika kamu adalah orang itu.

Soalnya, sebenarnya seseorang itu ingin berada di lingkungan yang punya sikap positif terhadap kehidupan serta pekerjaan mereka. Jadi, tingkatkan antusiasme kamu dan jadikan hal itu keberhasilan untuk karir kamu deh.

Baca Juga: 6 Management Skill yang Harus Dimiliki Seorang Pengusaha dan Pendiri Startup