Hati-Hati, Ini Ciri-Ciri Love Bombing yang Harus Diketahui

Memberi kado secara berlebihan adalah tanda love bombing (Foto: Canva)

Memberi kado secara berlebihan adalah tanda love bombing (Foto: Canva)

Like

Masa-masa awal pendekatan dan berpacaran memang yang paling indah. Pokoknya lagi anget-angetnya deh. Tapi, orang-orang sering mengabaikan tanda love bombing pada fase awal hubungan.

Padahal love bombing ini bisa membuat hubungan jadi kurang sehat karena antara dua orang yang menjalani hubungan tidak equal atau setara.

Love bombing sendiri dapat didefinisikan sebagai cara seseorang memberikan banyak perhatian dan cinta kepada seseorang demi bisa mengendalikan orang tersebut.

Biar enggak terjebak, coba simak dulu ciri-ciri love bombing di bawah ini Be-emers!


Ciri-Ciri Love Bombing


1. Memuji Berlebihan Tanpa Konteks


Wajar jika pasangan saling memuji, namun yang menjadi tidak wajar adalah ketika memuji secara berlebihan dan tanpa ada sesuatu yang mengawali. Apalagi saat masih pendekatan atau awal-awal masa berpacaran.


Misalnya saat kita tidak sedang melakukan hal apapun atau tidak ada pencapaian apapun. Tiba-tiba pasangan mengirim banyak pesan yang berisi pujian dengan kata-kata berlebihan. Ketika belum saling mengenal terlalu jauh, bisa jadi itu bukan pujian tulus.


2. Gampang Mengungkapkan Cinta


Cinta pasti akan tumbuh seiring waktu, bukan tiba-tiba membuncah dan menggebu-gebu. Karena biasanya yang menggebu-gebu di awal adalah rasa kagum, rasa suka, rasa penasaran, dan obsesi.

Baca Juga: Makna Tersembunyi Love Language atau Bahasa Kasih!

Saat pasanganmu tiba-tiba mengungkapkan cinta padahal belum lama mengenal, kamu patut curiga apakah benar itu cinta. 

Pelaku love bombing akan mengungkapkan cintanya secara terburu-buru atau bahkan enggak mengungkapkannya, namun akan menganggap sudah pacaran.


3. Selalu Menghubungi Tanpa Alasan


Pelaku love bombing selalu mencari cara agar bisa terhubung. Komunikasi yang dilakukan secara berlebihan ini bertujuan membuatmu sadar bahwa ia tertarik padamu lebih dari teman.

Jadi, dia akan sering mengirim pesan, berbagi video, kirim direct message, atau bahkan bisa tiba-tiba menelepon. Dalam sehari, tidak cukup menghubungimu sekali dua kali, tapi secara bertubi-tubi setiap hari.

Saat dia berhenti melakukan tersebut akan membuatmu bertanya-tanya dan merasa kehilangan. Itulah cara dia melakukan manipulasi. 


4. Memberi Banyak Hadiah


Hadiah memang sering dijadikan sebagai tanda cinta, apalagi pada hari-hari spesial seperti ulang tahun atau anniversary. Namun kalau terlalu sering memberikan hadiah itu bisa jadi bentuk love bombing.

Misalnya setiap bulan memberikan barang mahal atau tiba-tiba membelikan tiket pesawat untuk liburan tanpa ada momen apapun. Bisa juga hampir setiap hari mengirim makanan melalui layanan online.

Hal-hal tersebut akan membuatmu merasa berhutang kepadanya dan akhirnya akan membuatmu terikat sehingga susah terlepas darinya.

Baca Juga: Kenali Micro Cheating yang Jadi Duri dalam Hubungan


5. Menerobos Privasi


Setiap orang pasti memiliki privasi, bahkan pada pasangan sekalipun. Tapi, pelaku love bombing tidak mengenal batasan antar orang. Ia tidak peduli sampai batas mana mereka bisa mengganggumu.

Bisa saja tiba-tiba dia muncul di acara keluargamu tanpa kamu ajak, sering datang ke rumah saat kamu sedang istirahat, atau tiba-tiba menjemput di kantor tanpa memberitahu dahulu. 

Karena mereka tidak tahu privasi mereka akan selalu ingin tahu kamu pergi kemana, apa yang kamu lakukan, dengan siapa kamu bertemu, dan lain sebagainya. Itu bisa saja sangat mengganggu. 

Dari penjelasan di atas, pasanganmu love bombing enggak Be-emers?

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.