Ternyata Retinol Juga Bisa Atasi Rambut Rontok, Intip Caranya di Sini!

Retinol untuk rambut rontok (Foto: Canva)

Retinol untuk rambut rontok (Foto: Canva)

Like

Selama ini kita tahu bahwa retinol adalah salah satu skincare yang memiliki kekuatan besar untuk kesehatan kulit wajah. Tapi, yang belum kita tahu adalah retinol bisa juga untuk mengatasi rambut rontok lho.

Retinol merupakan kandungan aktif dalam skincare yang merupakan salah satu jenis retinoid, yaitu turunan dari vitamin A. Retinol termasuk bahan yang lumayan keras untuk kulit sensitif.

Kandungan ini terkenal akan manfaatnya yang mencerahkan kulit hingga mengatasi jerawat. Maka dari itu penggunaan retinol selama ini berfokus pada area wajah. 

Eksplorasi dilakukan oleh para expert dan mereka menemukan bahwa retinol juga dapat digunakan untuk area kepala dengan tujuan untuk mengurangi rambut rontok, lho!


Retinol Dapat Mengatasi Rambut Rontok


Eksplorasi dilakukan dan laporannya dipublikasikan oleh Biological and Pharmaceutical Bulletin. Dalam laporan tersebut disebutkan manfaat retinol untuk rambut.


Baca Juga: 5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menggunakan Retinol!

Retinol bisa membantu mempercepat pertumbuhan rambut, khususnya pada kasus androgenetic alopecia (kebotakan). Tapi, ada kriteria yang harus dipenuhi nih.

Sebaiknya penggunaan retinol untuk rambut rontok dibarengi dengan minoxidil yang merupakan obat untuk merangsang pertumbuhan rambut di kepala.

Ketika rambut tumbuh di kepala, akan melewati beberapa proses. Kombinasi retinol dan minoxidil ini akan membantu memperpanjang siklus tahap pertumbuhan atau disebut juga dengan fase anagen.

Saat siklus fase anagen berlangsung lebih lama makan memungkinkan pertumbuhan rambut yang lebih banyak juga dibandingkan sebelumnya.

Mungkin Be-emers bertanya-tanya kenapa sih harus bebarengan dengan minoxidil? Ini karena retinol akan meningkatkan penetrasi minoxidil pada kulit kepala.

Baca Juga: Segudang Manfaat Licorice untuk Perawatan Kulitmu!


Cara Menggunakan Retinol untuk Rambut Rontok


Sebelum menggunakan retinol untuk rambut rontok, sebaiknya melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau dermatologist. Terlebih jika kamu memiliki kondisi tertentu di kulit kepala. 

Dokter juga bisa mencari tahu sumber masalah atau penyebab dari kerontokan rambut. Dengan mengetahui sumber masalah rambut rontok, kamu bisa menghindari faktor-faktor pemicunya.

Cara menggunakan retinol untuk rambut rontok sebenarnya cukup mudah. Aplikasikan saja retinol pada kulit kepala yang kering menggunakan pipet. Biarkan semalaman lalu bilas esok paginya. 

Jangan lupa untuk selalu jaga kelembapan kulit kepala dengan menggunakan kondisioner dalam masa penggunaan retinol.

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.