5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menggunakan Retinol!

5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menggunakan Retinol!

5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menggunakan Retinol!


Retinol adalah salah satu bahan aktif yang penggunaannya semakin masif. Agar penggunaannya tepat dan tidak menimbulkan efek negatif, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Retinol menjadi skincare yang banyak direkomendasikan oleh dokter kecantikan untuk melawan tanda-tanda penuaan dini. Semakin banyak juga anak muda yang semakin aware penggunaan retinol.

Retinol merupakan bahan aktif dari vitamin A atau turunan dari vitamin A yang memiliki banyak fungsi. Selain melawan tanda penuaan dini, fungsinya juga untuk mengatasi jerawat, memperbaiki tekstur kulit, hingga mencerahkan kulit.

Dokter kecantikan juga banyak yang merekomendasikan bahan aktif ini karena kegunaannya tersebut. Oleh beberapa beauty influencer bahkan retinol disebut sebagai bahan skincare dewa.


5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menggunakan Retinol

 

Menggunakan retinol (Foto: Canva)

Menggunakan retinol (Foto: Canva)


Biar penggunaan retinol efektif dan tidak menimbulkan efek samping yang berlebih, simak 5 hal berikut.


1. Jadikan rutinitas pelan-pelan



Saat kamu memutuskan akan menggunakan retinol, sebaiknya jangan langsung menggunakannya setiap hari. Kulitmu akan kaget dan bisa terjadi reaksi yang tidak baik.

Masukan retinol dalam rutinitas skincaremu secara perlahan, mulai dari konsentrasi terendah dan naik secara bertahap. Perlu juga untuk memberi jeda dalam penggunaan retinol.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Lip Sleeping Mask yang Bikin Bibir Kamu Moist!

Jadi, retinol di awal penggunaan bisa digunakan 2 minggu sekali lalu naik ke seminggu sekali hingga ke 3 hari sekali.


2. Hanya dipakai di malam hari


Aturan wajib saat menggunakan retinol adalah tidak menggunakannya di siang hari saat ada terik sinar matahari. Retinol hanya boleh dipakai di malam hari saat tidak ada sinar matahari. 

Meskipun retinoid tidak bersifat fototoksik, atau tidak akan bereaksi dengan sinar matahari yang dapat menyebabkan luka pada kulit, retinol bisa rusak saat terkena sinar UV.

Saat malam hari adalah waktunya kulit untuk meregenerasi sel-sel kulit sehingga adanya bahan aktif seperti retinol dapat bekerja lebih baik pada saat itu.


3. Wajib pakai sunscreen keesokan harinya


Saat menggunakan retinol di malam hari, keesokan harinya kita diwajibkan menggunakan sunscreen. Pengaplikasian sunscreen akan melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Sunscreen membantu kerja retinol melindungi kulit, mencegah terjadinya pigmentasi, dan jauh dari tanda-tanda penuaan dini.

Baca Juga: Bahaya, 4 Kandungan Skincare yang Enggak Boleh Digabungkan!


4. Mulai pakai di pertengahan usia 20-an


Retinol adalah kandungan yang membantu memperbaiki tanda-tanda penuaan dini. Tapi bukan berarti penggunaannya saat tanda-tanda tersebut mulai terlihat.

Justru retinol baik dan tepat digunakan untuk mencegah tanda-tanda penuaan dini dan usia yang tepat adalah sekitar pertengahan usia 20-an. 

Sehingga saat kita mencapai usia yang lebih matang dan seharusnya muncul tanda-tanda penuaan, itu bisa diminimalisir karena penggunaan retinol beserta skincare pendukung lainnya.


5. Jangan hanya pakai di wajah


Selama ini orang-orang hanya memakai retinol di wajah. Tapi, ternyata retinol juga bisa digunakan di bagian tubuh lainnya. Perlebar area penggunaan retinol.

Pakai juga retinol di area leher dan sekitar payudara yang juga bisa menunjukan tanda-tanda penuaan namun sering diabaikan. 

Jika area tersebut sensitif, gunakan kadar retinol yang lebih rendah atau pakai moisturizer dulu sebelum pengaplikasian retinol.

Be-emers sudah menerapkan hal-hal di atas dalam penggunaan retinol belum? Komen di bawah yaa!
 

Dapatkan info terkini terkait gaya hidup hanya di Bisnis Style.


Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.