Pertimbangkan dengan Matang Ketika Mengikuti SNBP 2024

Kampus UI. (Dokumentasi Pribadi)

Kampus UI. (Dokumentasi Pribadi)

Like

Sudah tidak sabar mengikuti Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024?

28 Desember 2023 adalah langkah awal proses pelaksanaan SNBP. Secara resmi pihak penyelenggara Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN), akan mengumumkan kuota sekolah untuk SNBP 2024.

Perlu diketahui, bahwa kuota sekolah tersebut akan menentukan persentasi siswa yang berhak untuk mendaftar SNBP 2024.

Baca Juga: 6 Perguruan Tinggi Ini Dinaungi Perusahaan BUMN! Apa Saja?

Adapun persentasi siswa yang dimaksud, ditentukan berdasarkan akreditasi sekolah masing-masing.


Bagi sekolah yang memiliki akreditasi A, maka akan mendapatkan kuota 40?ri siswa terbaik di sekolah. Jika memiliki akreditasi B, maka akan mendapat kuota 25?ri siswa terbaik di sekolah. Sementara untuk sekolah yang memiliki akreditasi C dan lainnya, akan mendapat kuota 5?ri siswa terbaik di sekolah.

Tentunya jalur SNBP ini adalah jalur yang ditunggu-tunggu sebagian besar siswa SMA/SMK/MA baik di dalam negeri maupun luar negeri (Sekolah Republik Indonesia/SRI), khususnya yang memiliki prestasi unggul untuk mendapatkan sebuah kursi PTN.

PTN yang dimaksud adalah perguruan tinggi yang diselenggarakan pemerintah, baik itu PTN yang berbentuk akademik (S1), PTN berbentuk vokasi (D4/D3), dan/atau Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).

Nah, bagi siswa yang dinyatakan sebagai siswa eligible oleh pihak sekolah, silahkan manfaatkan kesempatan berharga ini.

Tapi perlu diingat, untuk mengikuti jalur SNBP ini, harus benar-benar mempertimbangkannya dengan matang. Bukan coba-coba, atau sekadar cari cadangan.

Artinya, kalau siswa yang bersangkutan nantinya lulus seleksi SNBP 2024 di salah satu program studi (prodi) yang ada di PTN atau PTKIN, siswa yang dimaksud harus mengambil prodi tersebut kalau memang mau kuliah di PTN. Kog bisa?

Berdasarkan aturan terbaru dari penyelenggara SNPMB bahwa siswa yang dinyatakan lulus seleksi Jalur SNBP 2024 tidak dapat mendaftar seleksi Jalur Mandiri di PTN manapun.

Tentunya sangat berbeda dengan selesksi SNBP 2023, walau jalur seleksi SNBT sudah ditutup, ternyata siswa yang dinyatakan lulus seleksi SNBP 2023 masih bisa mendaftar seleksi jalur mandiri di PTN. Sekali lagi, sekarang sudah berbeda.

Baca Juga: Mau Jadi Entrepreneur? Kuliah di Perguruan Tinggi Politeknik Saja

Karena itu, mari persiapkan diri dengan baik, mempertimbangkan dengan matang serta memutuskan dengan bijak, pilihlah salah satu program studi PTN yang benar-benar diminati, sehingga ketika dinyatakan lulus SNBP 2024 nantinya, prodi tersebut akan diambil.

Akhir kata, selamat berjuang, semoga sukses!

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.