Kenapa SEO Lebih Menguntungkan untuk Pebisnis Pemula?

SEO Lebih Menguntungkan untuk Pebisnis Pemula

SEO Lebih Menguntungkan untuk Pebisnis Pemula

Like

Ada banyak strategi marketing yang bisa dipilih oleh pebisnis pemula. Saking banyaknya, pebisnis pemula banyak yang memilih untuk menjalankan strategi omnichannel marketing. Sebuah strategi marketing yang memanfaatkan seluruh platform untuk meningkatkan brand awareness bisnis.

Sekilas, cara tersebut terbukti ampuh untuk pebisnis meningkatkan brand awareness ke level brand recall ataupun top of mind.

Tapi faktanya, menjalankan strategi ini justru akan membuat pebisnis kewalahan, terutama soal distribusi sumber daya yang tepat. Akan banyak tenaga dan waktu yang terkuras karena strategi ini.

Oleh sebab itu, sebagian dari pebisnis pemula lebih suka untuk menjalankan 1 jenis channel marketing. Dan dari sekian banyak jenis channel marketing yang menjadi favorit adalah jenis Pay Per Click, marketing dengan Google Ads lah yang menjadi primadona banyak pebisnis pemula.

Hal ini wajar, mengingat Google Ads menawarkan hasil yang cepat. Konten website bisnis dapat dengan mudah tampil di urutan teratas halaman hasil pencarian Google. Selain itu, Google Ads juga mampu memberikan pebisnis pemula lead yang cepat dan banyak.


Google Ads memberikan pebisnis banyak keuntungan. Tapi, perlu diketahui Google Ads bukanlah strategi marketing tanpa kelemahan.

Strategi ini terbilang kurang bersahabat untuk pebisnis pemula, terlebih untuk mereka-mereka yang tidak memiliki persediaan atau perputaran keuangan bisnis yang baik. Mereka-mereka yang memilih untuk menggunakan Google Ads cenderung melakukan strategi bakar uang.

Baca Juga: 7 Strategi Menjalankan SEO Marketing untuk Bisnis Online

Dengan harapan mampu memangkas lebih cepat proses marketing funnel langsung ke tahap action. Hal ini tentunya tidak efektif terlebih untuk brand yang baru mulai perjalanannya.

Memang akan ada lead yang masuk dari calon pelanggan, tapi untuk proses konversinya bisa berlangsung lama. Calon pelanggan akan banyak bertanya dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Mereka memerlukan proses transfer brand knowledge lebih lama dari yang seharusnya. Akan ada banyak proses follow up.

Ini jelas akan menjadi kerugian tersendiri untuk pengiklan, di mana jika lead yang didapatkan banyak tetapi konversi kurang ajib, maka biaya iklan di Google Ads tidak akan tertutupi.

Apalagi jika iklan tersebut kurang perform, Google Ads akan bekerja lebih keras untuk menghadirkan konten iklan kamu di target audience atau demografi yang tepat. Biaya iklan bisa saja naik.

Sekali lagi, Google Ads bukanlah pilihan yang bijak untuk pebisnis pemula yang belum memiliki formula pengelolaan keuangan bisnis yang baik. Lalu apa solusinya? Solusinya adalah dengan memilih strategi SEO marketing.

Apa itu SEO marketing?. SEO marketing adalah teknik optimasi website agar dapat tampil di halaman teratas hasil pencarian Google melalui keyword tertentu yang ditargetkan. Ilmu ini mengharuskan pebisnis untuk memahami 4 bagian penting, yakni On Page SEO, Off Page SEO, Local SEO, dan juga Technical SEO.

Meskipun proses yang diperlukan di dalamnya lebih lama ketimbang Google Ads, tetapi SEO marketing mampu memberikan hasil yang jauh lebih maksimal. Bahkan, dibilang bahwa SEO adalah teknik marketing yang mampu memberikan Return of Investment maksimal dengan biaya yang minimal.
 

5 Alasan Mengapa SEO Marketing Cocok untuk Pebisnis Pemula


Nah, berikut ini adalah 5 alasan mengapa SEO marketing jauh lebih unggul ketimbang Google Ads dan lebih layak dipilih oleh pebisnis pemula. 5 alasan itu adalah:


1. Modal yang Diperlukan Hanyalah Website dan Produksi Konten Berkualitas Secara Konsisten


Alasan yang pertama adalah SEO marketing hanya mewajibkanmu untuk memiliki website saja. Plus "hanya" mewajibkanmu untuk produksi konten berkualitas secara konsisten.

Baca Juga: Ketahui Perbedaan SEO dan SEM dalam Dunia Digital Marketing!

Biaya yang diperlukan untuk membeli domain atau hosting jelas lebih murah ketimbang biaya yang diperlukan untuk Iklan di Google Ads selama 2 bulan. Apalagi kalau brand yang kamu miliki masih baru, pastinya butuh biaya banyak untuk iklan di Google Ads.
 

2. Hasil yang Didapatkan Tahan Lama dan Tidak Bergantung Pada Budget Iklan


Alasan yang kedua adalah hasil yang didapatkan dapat bertahan lama, dan tidak bergantung pada budget iklan. Ya, konten yang dikreasikan secara berkualitas akan dengan mudah nangkring di posisi teratas halaman hasil pencarian Google. 

Tidak peduli berapa lama waktunya, selama konten tersebut mendapatkan banyak klik dan juga interaksi positif pengguna Google, maka konten tersebut akan selamanya berada di sana.
 

3. Proses Transfer Brand Knowledge yang Dilakukan Lebih Terarah


Bertolak belakang dengan penjelasan transfer brand knowledge dari Google Ads, SEO mampu memberikan pengertian brand kepada calon pelanggan lebih runut.

Ya, sesuai dengan tahapan marketing funnel yang dimulai dari tahap Awareness, Interest, Consideration, Action (Sales), Repeat. SEO mampu memberikan brand perception baik kepada calon pelanggan lebih mendalam.
 

4. Brand Awareness Perlahan Meningkat


Efek domino dari alasan sebelumnya, adalah SEO yang mampu memberikan bisnis peningkatan brand awareness secara perlahan.
 

5. Menghemat Lebih Banyak Biaya Bisnis untuk Promosi


Terakhir, adalah SEO yang mampu membantu pebisnis untuk menghemat lebih banyak biaya promosi bisnis.
Inilah penjelasan lengkap mengapa SEO lebih menguntungkan untuk pebisnis pemula, terlebih untuk pebisnis pemula yang belum memiliki formula pengelolaan keuangan bisnis yang baik.

Semoga bermanfaat ya.

Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.