Tahun Baru Bitcoin Dibuka Melewati US$45 Ribu, Tertinggi Sejak April 2022

Bitcoin (Foto: Canva)

Bitcoin (Foto: Canva)

Like

Setelah masa libur tahun baru dimana orang-orang sibuk mengisi liburannya dengan berkumpul bersama keluarga atau rekreasi, kini orang-orang mulai beraktivitas seperti biasa kembali. Banyak juga yang sudah mulai kembali transaksi Bitcoin, enggak heran nilainya melambung.

Koin kripto mengalami fluktuasi yang cukup tinggi di tahun 2023 lalu. Setelah selama beberapa tahun kebelakang pamornya mulai menurun, ternyata masih banyak yang mencoba peruntungan pada komoditas ini.

Sejak pertengahan tahun 2022, Bitcoin, koin kripto paling populer nilainya tidak pernah mencapai lonjakan yang fantastis lagi. Bahkan banyak yang mulai menyangsikan koin kripto ini. 

Baru-baru ini berkembang spekulasi bahwa persetujuan peraturan untuk ETF Bitcoin Spot yang berbasis di AS akan datang di minggu ini. Spekulasi ini berpengaruh pada nilai Bitcoin.

Baca Juga: Beli Ferrari Pakai Bitcoin, Pria Ini Malah Dipenjara 18 Bulan


Nilai Bitcoin Melonjak, Tertinggi Sejak April 2022



Harga bitcoin (BTC) melonjak lebih dari 6 persen pada hari pertama tahun baru, karena mata uang kripto terkemuka ini melampaui US$45 ribu untuk pertama kalinya sejak awal April 2022.

Seperti yang telah terjadi selama beberapa minggu terakhir, antisipasi bahwa Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) akan memberi lampu hijau pada peluncuran sejumlah ETF bitcoin spot tampaknya menjadi katalis untuk pergerakan yang lebih tinggi. 

Laporan Reuters pada akhir pekan menunjukkan bahwa badan pengawas dapat mulai memberi tahu sponsor ETF segera pada hari Selasa bahwa permohonan mereka akan disetujui.

Dalam perdagangan baru-baru ini, harga BTC berada di US$45.135, naik 6,35 persen, naik 5,6 persen selama 24 jam terakhir. 

Baca Juga: 3,3 Miliar USD Bitcoin Ditemukan di Kaleng Popcorn. Kok Bisa?

Pasar kripto yang lebih luas juga bergerak lebih tinggi, dengan etherum (ETH) naik sebesar 4 persen dan solana (SOL) dan avalanche (AVAX) naik sebesar 9 persen.

Sejak awal Desember Bitcoin telah naik lebih dari 15 persen seiring dengan tenggat waktu 10 Januari bagi Komisi Sekuritas dan Bursa AS untuk memberi lampu hijau pada ETF Bitcoin.

Ada kekhawatiran kehilangan peluang di kalangan beberapa pedagang di AS dan Eropa menjelang persetujuan yang akan datang. 

Kekhawatiran tersebut membuat investor telah mulai membeli pada 1 Januari, di pagi tahun baru kata Co-founder platform sosial-trading Alpha Impact Hayden Hughes.

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.