Kenalan Sama Sea Bunny, Makhluk Paling Menggemaskan di Lautan

Foto: Rickard Zerpe Flickr

Foto: Rickard Zerpe Flickr

Like

Kelinci pada umumnya diketahui sebagai mahluk daratan yang banyak diidolakan oleh anak-anak, hewan berbulu ini sukses jadi salah satu hewan tergemas. Tapi tahukah kamu Be-emers kalau ada kelinci juga di laut?

Kelinci merupakan hewan jinak yang bisa berinteraksi secara langsung dengan manusia, namun kelinci yang satu ini sangatlah tidak direkomendasikan untuk dipelihara. Ini adalah kelinci laut. Yuk simak kelinci laut yang lucu ini.


Apa Itu Sea Bunny?


Menilik dari Wikipedia, spesies ini pertama kali diidentifikasi oleh Kikutaro Baba karena kemiripannya dengan kelinci yang menyebabkan lonjakan popularitas di Jepang pada tahun 2015. Dengan panjang sekitar 1 cm dan memiliki corak rhinophores berwarna hitam putih yang membentuk telinga kelinci.

Baca Juga: Jepang Buang Limbah Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir ke Laut! Gak Bahaya Tah?

Insang luar hewan ini terletak di belakang tubuhnya dan sekujur tubuhnya tertutup oleh papillae. Fieshy protuberances digunakan dalam fungsi sensori dan menyebabkan tampilan hewan ini terlihat seperti berbulu.


Hewan ini memiliki beberapa warna termasuk kuning, putih, dan hijau meskipun yang terakhir jarang terdokumentasi. Tak heran Sea Bunny, kelinci beda alam dengan versi mini, menjadi hewan paling lucu selautan.

Sea bunny dapat dijumpai pada perairan dangkal, terumbu karang, hingga dasar laut yang gelap dengan kedalaman lebih dari satu kilometer. Walaupun makhluk ini sangat menggemaskan, kamu tidak bisa asal mendekatinya.

Karena faktanya, sea bunny memiliki sistem pertahanan diri hasil evolusi pada nudibranchia yang berkembang sangat baik, yaitu berupa toksisitas sekresi (asam) beracun dan sel penyengat pada lapisan kulitnya yang dapat mematikan. Sayang sekali kelinci yang satu ini tidak bisa dielus manja.

Meski demikian, biota laut ini sangat menarik untuk diamati sehingga sering dijadikan objek foto bawah laut. Kelinci laut ini memiliki tubuh yang sangat lunak dan hanya terdiri dari mantel, rhinophores, insang, kaki, dan organ reproduksi.

Fakta unik tentang Sea Bunny, ternyata dahulu kala kelinci laut ini memiliki cangkang loh. Namun, karena mengalami evolusi pada jutaan tahun lalu menyebabkan cangkangnya sudah tidak lagi berkembang, untung saja mahluk ini tetap lucu dan bikin gemas.

Baca Juga: Indonesia Punya 6 Gunung Aktif Bawah Laut, Dimana Saja?


Klasifikasi Sea Bunny


Berdasarkan World Register of Marine Species, klasifikasi Sea Bunny adalah sebagai berikut.
 
  1. Kingdom         :  Animalia
  2. Phylum           :  Mollusca
  3. Class              :  Gastropoda
  4. Subclass         :  Heterobranchia
  5. Infraclass        :  Euthyneura
  6. Subterclass     :  Ringipleura
  7. Superorder      :  Nudipleura
  8. Order               :  Nudibranchia
  9. Suborder          :  Doridina
  10. Infraorder         :  Doridoidei
  11. Superfamily      :  Doridoidea
  12. Family               :  Discodorididae
  13. Genus               :   Jorunna
Agak susah untuk melihat Sea Bunny di pantai-pantai yang ada di Indonesia. Kalau kamu penasaran dengan Sea Bunny kamu bisa melihat lewat foto-foto yang beredar di internet dulu baru melihat dengan mata langsung ya, Be-emers

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.