Bahlil Lahadalia, Mantan Sopir Angkot yang Kini Jadi Menteri Investasi

Instagram Bisnis Muda

Instagram Bisnis Muda

Like

Perjalanan hidup Bahlil Lahadalia tak semulus yang kalian bayangkan. Penuh perjuangan untuk mencapai kesuksesannya seperti sekarang ini. Ada cerita menarik atau inspiratif apa ya dibalik kesuksesan Bahlil? 

Pria kelahiran Maluku ini pernah berjualan kue saat SD, pernah jadi kondektur di bangku SMP, dan saat SMA sempat jadi supir angkot. Terlahir mandiri menghantarkan Bahlil meraih kesuksesannya jadi Menteri Investasi.

Masa kecilnya dihabiskan di Maluku, lalu ia melanjutkan sekolah menengah atas di Fakfak. Ia memutuskan untuk belajar di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Port Numbay di Jayapura.


Jiwa Bisnis Bahlil


Bahlil lahir bukan dari keluarga kaya raya, kisah semasa remajanya habis untuk bekerja tidak seperti anak muda lainnya. Di masa kuliahnya aktif di salah satu organisasi kampus.

Baca Juga: Sandiaga Uno Gantikan Luhut Jadi Menko Marves? Simak Faktanya Di sini!


Pada 2003 dia terdaftar di Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), hingga akhirnya Bahlil mendirikan perusahaan sendiri.

Setelah memiliki berbagai pengalaman dalam organisasi dan memiliki pekerjaan dengan gaji yang tinggi, Bahlil memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya dan mendirikan perusahaan sendiri.

Berdasarkan pantauan Bisnis Muda, perusahaan yang didirikan oleh Bahlil adalah Rifa Capital. Rifa Capital merupakan perusahaan yang mempunyai 10 anak usaha yang bergerak di berbagai sektor.

Sektor perkebunan, properti, transportasi (PT Ganda Nusantara), pertambangan (PT MAP Surveillance, PT Pandu Selaras), dan konstruksi.


Bahlil Menjadi Menteri Investasi


Ternyata Bahlil enggak bisa berbahasa inggris lho Be-emers, tapi dirinya bisa jadi menteri. Kok bisa ya? Bahlil mengakui kalau dia merupakan satu-satunya menteri investasi yang nggak bisa bahasa Inggris saat menjabat.

Baca Juga: Kenalan sama Menteri Baru Termuda di Kabinet Jokowi, Dito Ariotedjo!

Meskipun begitu dia tetap dipilih Pak Jokowi menjadi menteri karna dirinya merupakan seorang pengusaha yang mapan. Bahlil dilantik menjadi Menteri Investasi Indonesia pada 28 April 2021.

Walaupun menjadi menteri yang enggak mahir berbahasa Inggris, Bahlil merupakan menteri yang membawa realisasi investasi Indonesia ke rekor tertingginya lho.

Rekor tertinggi realisasi investasi selama 2022 mencapai Rp.1.207,2 triliun atau secara prosentase naik 34 persen secara tahunan (year-on-year/yoy).

Artikel ini juga tersedia dengan visual yang lebih menarik di Instagram Bisnis Muda lho, Be-Emers!

Pastikan kamu melihatnya dengan klik foto di bawah ini, ya!

Jangan lupa tinggalkan kritik, saran, atau masukan di kolom komentar!

 

Instagram Bisnis Muda

Instagram Bisnis Muda