Sandiaga Uno Gantikan Luhut Jadi Menko Marves? Simak Faktanya Di sini!

Tanggapan Sandiaga Uno di Instagram setelah mendapatkan mandat baru dari Presiden Joko Widodo (Instagram/sandiuno)

Tanggapan Sandiaga Uno di Instagram setelah mendapatkan mandat baru dari Presiden Joko Widodo (Instagram/sandiuno)

Like

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno telah ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menjalankan tugas sebagai Menko Marves Ad Interim.

Sandiaga diberikan tanggung jawab sementara untuk menggantikan posisi Menko Marves yang biasanya diemban oleh Luhut Binsar Pandjaitan, yang saat ini sedang mendampingi Presiden Jokowi dalam perjalanan resmi ke benua Afrika.


Penunjukan Sandiaga Uno


Informasi mengenai penunjukan ini dinyatakan dalam surat resmi yang dikeluarkan oleh Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, yang memiliki nomor B-3432/MENKO/RT.01.00/VIII/2023 dan tanggal 16 Agustus 2023.

Baca Juga: Mau Jadi Milenial yang Sukses Berbisnis? Begini Tips ala Sandiaga Uno

Surat tersebut menyampaikan bahwa Sandiaga Uno telah ditunjuk oleh Presiden Jokowi sebagai Menko Marves Ad Interim.


Seperti diketahui, saat ini Presiden Jokowi sedang melakukan kunjungan ke empat negara di Afrika, yaitu Kenya, Tanzania, Mozambik, dan Afrika Selatan. Hal ini juga dikonfirmasi oleh Presiden Jokowi sendiri melalui akun media sosial Instagram resminya, @jokowi.

Ia menjelaskan bahwa perjalanan ini bertujuan untuk mempererat solidaritas antara negara-negara selatan global.

"Saya meninggalkan Indonesia hari ini melalui Bandara Internasional Kualanamu, Sumatra Utara, menuju benua Afrika. Saya akan mengunjungi negara-negara Kenya, Tanzania, Mozambik, dan Afrika Selatan," tulis Jokowi dalam akun resminya pada Minggu (20/8/2023).

Presiden juga menambahkan bahwa kunjungan ini memiliki tujuan strategis untuk memperkuat hubungan antara Indonesia dengan negara-negara di Afrika. "Ini merupakan kunjungan pertama saya ke kawasan Afrika, yang bertujuan untuk memperkuat solidaritas di antara negara-negara selatan global," lanjutnya.

Sandiaga Uno mengambil peran penting dalam mengisi kekosongan posisi Menko Marves selama Luhut Binsar Pandjaitan berada di Afrika bersama Presiden Jokowi.

Baca Juga: Tips dan Trik Mengatur Portofolio Investasi dari Sandiaga Uno Sang Suhu Investasi


Bagaimana pendapat dan reaksi Sandiaga Uno Jadi Menko Marves Ad Interim?


Dilansir dari akun Instagram resminya, Sandiaga Uno membenarkan bahwa ia secara resmi memulai tugasnya sebagai Menko Marves Ad Interim mulai Sabtu (19/8/2023).

Keputusan ini telah diresmikan melalui Surat Menteri Sekretaris Negara yang diterbitkan pada tanggal 18 Agustus 2023. Dalam pernyataannya, Sandiaga menyatakan kesiapannya untuk menjalankan amanah ini dengan sebaik-baiknya.

Selanjutnya, Sandiaga Uno juga mengajak masyarakat untuk mendoakan kelancaran perjalanan Presiden Jokowi dan delegasi Indonesia dalam kunjungan resmi ke Afrika.

Mereka diundang untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi BRICS dan menjalankan pertemuan bilateral dengan berbagai kepala negara, dan Sandiaga berharap semuanya berjalan dengan sukses dan lancar.

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.