Jangan Ragu, Ini Manfaat Berorganisasi Buat Kamu!

Ilustrasi (Sumber gambar: pinterest)

Ilustrasi (Sumber gambar: pinterest)

Like

Pengalaman adalah guru terbaik


Kali ini saya akan menulis tentang pengalaman berorganisasi saya selama masa sekolah dulu, Be-emers. Karena, saat ini usia sudah menginjak kepala tiga, bagi saya membagikan pengalaman ini agaknya menjadi kewajiban karena manfaatnya saya bisa rasakan saat ini.

Baik dalam hubungan pekerjaan maupun bermasyarakat bahkan dalam lingkup terkecil, hubungan komunikasi dengan anggota keluarga.

Pengalaman saya berorganisasi sudah sekitar 10 tahun yang lalu, akan tetapi sampai saat ini saya masih bisa merasakannya. Adapun manfaat berorganisasi versi saya adalah sebagai berikut.

Baca Juga: Sulitnya Hadapi Tantangan Karier di Era Teknologi, Ini Strateginya


Manfaat Ikut Organisasi


1. Memiliki Banyak Kenalan



Tujuan memiliki banyak kenalan bukan untuk mencari ketenaran, tetapi lebih tepatnya mendapatkan relasi yang menguntungkan antar personal. Komunikasi akan terjalin secara lebih luas sehingga pertukaran informasi yang diperoleh juga akan lebih banyak.

Informasi bisa berupa apa saja, misalnya kamu seorang mahasiswa, bisa saja saat itu kamu membutuhkan informasi lowongan kerja part time, tidak menutup kemungkinan kamu mendapatkan informasi tersebut saat berbincang-bincang dengan anggota organisasi lainnya, kan?! Hal ini saya alami sendiri saat menjadi mahasiswa dulu.


2. Melatih Kemampuan Berkomunikasi


Saya dulunya orang yang sangat pemalu, tidak percaya diri untuk tampil di depan umum. Mengalami hal tersebut sejak duduk di bangku SD dan SMP. Pada saat SMA, saya memberanikan diri untuk mengikuti ekstakulikuler teater, demi untuk melatih keberanian di atas panggung dan yes, it's work for me.

Bahkan, tahun kedua di dunia teater saya terpilih menjadi ketua ekstrakulikulernya dengan voting dan musyawarah. Tentu saja, hal ini berdampak pada kepercayaan diri saya dan melatih saya untuk bisa berkomunikasi dengan baik di depan umum.

Baca Juga: Hal-Hal yang Perlu Kamu Tahu Soal Organisasi Informal!


3. Belajar Leadership


Pengalaman di masa SMA menjadi ketua ekstrakulikuler membuat saya belajar banyak hal baru dalam berorganisasi dan menjadi seorang pemimpin.

Memang untuk saya yang pendiam dan pemalu serta tidak memiliki sama sekali pengalaman berorganisasi membuat saya seringkali merasa "tidak pantas" menjadi ketua ekstrakulikuler saat itu.

Seringkali merasa minder dan takut, tapi benar adanya, keberanian itu muncul bukan serta merta melainkan butuh proses, melawan rasa takut dan tidak percaya diri adalah salah satunya.

Di usia saya saat ini, mengingat kembali masa itu membuat saya sadar, justru hal menakutkan yang dulu terjadi melatih saya untuk bisa memimpin forum dengan baik, meskipun sampai detik ini saya merasa masih kurang maksimal, toh, pada akhirnya saya berhasil melewatinya.


4. Melatih Kepribadian


Kepribadian itu memang harus terus dibentuk, salah satunya dengan bersosialisasi. Seperti pada 3 poin sebelumnya, seseorang yang memiliki pengalaman organisasi dan tidak, memiliki perbedaan kepribadian.

Berorganisasi membuat pribadi sesesorang jauh lebih baik, karena bisa bekerja sama dengan tim sehingga memiliki kepekaan terhadap lingkungan sekitar, baik secara personil maupun profesionalisme kerja.

Bahkan, menurut saya, pengalaman berorganisasi bisa membuat kepercayaan diri makin tinggi, loh.

Jadi, apabila saat ini kamu masih dalam usia yang sangat muda, ambil kesempatan untuk bisa melakukan kegiatan berorganisasi. Apabila tidak ada, cari sampai ketemu yah, Be-emers.

Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.