Mulai Usia Berapa Manusia Butuh Skincare?

Kapan manusia butuh skincare? (Foto: Canva)

Kapan manusia butuh skincare? (Foto: Canva)

Like

Banyak yang mengatakan bahwa skincare tidak mengenal usia. Tapi sebenarnya mulai usia berapa manusia membutuhkan skincare untuk kulitnya?

Semakin tua manusia pasti organ-organ yang ada dalam tubuhnya juga mengalami penuaan. Itu yang membuat banyak orang risau, apalagi pada organ-organ yang langsung terlihat seperti kulit.

Untuk mencegah serta merawat organ yang langsung terlihat tersebut, orang-orang menggunakan skincare. Berbagai macam skincare yang ada memiliki tujuan berbeda, ada yang untuk mencerahkan hingga menghindari keriput.

Sekarang skincare juga sudah lebih disesuaikan dengan umur pemakainya. Bahkan bayi juga sudah memiliki skincarenya sendiri lho.

Tapi, sesuai kebutuhan, sebenarnya manusia perlu skincare di usia berapa ya?


Mulai Usia Berapa Manusia Butuh Skincare?



Pada dasarnya, manusia memang membutuhkan skincare sedini mungkin. Bahkan bayi yang baru lahir pun dianjurkan rutin untuk diberi lotion. 

Baca Juga: Produk Skincare Ini Sebenarnya Kurang Worth It untuk Dibeli, Lho!

Namun, penggunaan skincare untuk bayi tentu terbatas skincare harus bersifat  lembut, dari bahan-bahan alami, dan tidak mengandung bahan aktif kimiawi. 

Seiring usia bertambah, tentu kebutuhan kulit juga berbeda. Mengutip honest, idealnya anak usia 12 tahun sudah bisa diperkenalkan dengan produk skincare dasar yang bisa mencegah dan atau mengobati kondisi kulitnya yang bermasalah akibat hormon pubertas.

Namun tidak dianjurkan untuk mulai menggunakan skincare-skincare berbahan aktif seperti retinol, acid, dan lain sebagainya. 

Sedangkan menurut para ahli, perubahan paling signifikan pada kulit akan terlihat pada usia 20 tahun. Mulai dari adanya flek, keriput, kulit kering, dan lain sebagainya. 

Brand Partner Deirh By D, dr. Gusti Raditya yang sering memberikan edukasi kesehatan melalui TikTok menjelaskan bahwa penggunaan skincare untuk usia remaja sangat perlu. Dan umumnya, penggunaan skincare sangat disarankan saat usia menginjak 20 tahun. 

Jadi, kurang lebih manusia mulai membutuhkan skincare dasar saat usia pubertas sekitar 12 tahun dan baru menggunakan skincare berbahan dasar aktif mulai usia 20 tahun.

Baca Juga: Penting Enggak Sih Pakai Sleeping Mask?


Bagaimana Mengenalkan Anak dengan Skincare?


Sayangnya, enggak semua skincare mencantumkan batas usia pemakainya. Maka dari itu perlu pengawasan dan kehati-hatian dalam menggunakan skincare untuk anak.

Edukasi mengenai skincare sangat diperlukan sedari dini agar anak paham kegunaan skincare dan pengaruhnya pada kulit. 

Ada beberapa anak yang mungkin memiliki jenis kulit yang cenderung sensitif, sehingga memberikan produk skincare yang asal justru bisa membuat masalah kulit yang terjadi semakin buruk.

Selalu dampingi anak ketika memilih skincare. Cek kandungan yang ada di dalamnya dan telaah apa kandungan tersebut sesuai dengan kulit dan usia anak.

Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.