Sulitnya Hadapi Tantangan Karier di Era Teknologi, Ini Strateginya

Mempertahankan Karier

Mempertahankan Karier

Like

Teknologi bagaikan pedang bermata dua. Maknanya adalah satu sisi keuntungan dan kesempatan untuk bekerja semakin efisien dan cepat, sisi lainnya adalah kerugian dengan hilangnya beberapa profesi.

Tentu, kerugian dan ancaman akibat hilangnya profesi tersebut membuat orang makin merasa takut dengan kemajuan dan transformasi digital.

Apalagi dalam dunia bisnis, terjadi proses transformasi dari proses bisnis konvesional menjadi bisnis digital.  Pemicunya adalah kecepatan layanan dengan adanya pelbagai aplikasi-aplikasi yang canggih.

Baca Juga: 5 Tips Cepat Adaptasi di Tempat Kerja Baru
 

Strategi Hadapi Tantangan Karier

Tentunya hal ini tak perlu terjadi, apabila kita dapat mempersiapkan diri dengan baik dalam hadapi ancaman kemajuan teknologi. Lakukan persiapan dini untuk tidak tertinggal dalam hadapi proses transformasi digital di kantor Anda.

Berikut ini adalah langkah-langkah dan strategi yang perlu dilakukan:

 

1. Membangun Jejaring Profesional yang Kuat

Dalam memperluas kesempatan karier, kamu harus memiliki dan memanfaatkan platform karier online seperti LinkedIn dan Glassdoor untuk membangun jejaring professional
 

2.Punya Daya Flexibilitas dan Kemampuan Adaptasi yang Bagus

Di era digital ada gaya dan pola kerja yang berubah dan berbeda. Paradigma kerja tidak lagi terbatas pada waktu dan tempat.  Kamu harus punya mindset untuk flexibilitas dan adaptasi tinggi.

Selain itu, kamu juga harus punya kemampuan untuk bekerja mandiri dan mengatur waktu yang baik. Sehingga, pekerjaan dapat selesai dengan batas waktunya.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Peluang Karir di Media
 

3. Menyadari Peluang pada Bidang yang Berkaitan dengan Teknologi

Dalam dunia kerja, peran teknologi sangat penting sekali. Terutama, bidang karier yang membuka peluang baru.

Namun, untuk mendapatkannya, kamu harus punya keterampilan teknologi yang diperlukan dalam bidang tersebut.

Apabila kamu sudah mengantongi keterampilan, kamu juga harus mengasahnya karena banyak kompetior yang punya keterampilan yang sama. Sebab, perubahan harus terus diikuti tanpa henti.
 

4. Update Diri untuk Pengembangan Diri

Meskipun kamu sudah punya latar belakang teknologi, tetapi bukan berarti hal itu sudah cukup. Teknologi tidak pernah berhenti, bahkan berkembang dalam sekian waktu.

Jika kamu tak gunakan waktu dan kesempatan untuk memperdalam ilmumu, kamu akan tergilas dengan para kompetitor lain.

Dunia kerja adalah dunia yang penuh dengan perubahan. Untuk itu, miliki lah keunggulan kompetitif sehingga kamu bisa menang dan menggapai sukses.



Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.