Cara Jitu Hadapi Stres Akibat Terkena Pemutusan Kerja

Tips Hadapi Stress Akibat PHK - Image: Canva

Tips Hadapi Stress Akibat PHK - Image: Canva

Like

Orang beranggapan bahwa setelah Covid-19 selesai, perekonomian akan jauh lebih baik. Ternyata, apa yang diharapkan itu meleset, tak selalu terjadi. 

Perspektif atau impian itu tidak semulus dengan kondisi yang justru lebih buruk dari sebelumnya.

Gelombang PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) di beberapa perusahaan terjadi dengan sangat masif.  Di akhir tahun 2023 dan awal tahun 2024, Perusahaan startup banyak yang mengadakan pemutusan hubungan kerja atau PHK. 

Bayangkan, sebagian besar korban PHK adalah justru mereka yang masih generasi milenial atau generasi Z.  Meskipun mereka mungkin tak pernah menyangka bahwa perusahaan yang kelihatannya fokus dengan bisnis yang direncanakan, tetapi hasilnya tak sebesar apa yang ditargetkan.

Ketika hampir dua tahun setelah Covid, justru gelombang PHK terjadi lebih besar dari saat masa pandemi Covid.


PHK di Indonesia biasanya diberitahukan 1 bulan sebelumnya. Layaknya seperti orang yang ingin berhenti kerja, umumnya ada pemberitahuan kerja satu bulan kepada perusahaan (one month notice).

Namun, tidak demikian dengan prosedur atau norma yang seharusnya dilakukan. Perusahaan sekarang jauh lebih “sat set” atau cepat untuk PHK demi mempercepat masalah selesai, ketimbang memikirkan legal tidaknya cara pemberitahuan PHK.

Begitu mendapatkan berita PHK yang mendadak, bagi sebagian karyawan yang tak pernah merasa akan terkena PHK, jadi “shock”. 

Mereka merasa aman-aman saja di perusahaan dimana dia bekerja, tapi kok tiba-tiba dia dipanggil dan masuk ke dalam list karyawan yang kena PHK.

Apa yang terjadi?  “Shock” ini tidak bisa dibiarkan begitu lama.  Mereka harus punya kekuataan untuk “move on” dan melihat bahwa masa depan yang memang sulit ini harus dilalui dengan mental baja.

Contoh kasus, ada beberapa anak yang kena PHK lantas terus murung diri dan tidak membuka diri, hingga merasa dunianya hancur.

Lalu dari hasil mengurung diri, tidak berkomunikasi dengan siapapun, dia melihat bahwa dia belum bisa bayangkan bagaimana dia harus membayar cicilan kredit motor atau rumah, atau belum sempat punya dana darurat.  

Kondisi atau masalah yang timbul akibat PHK harus diselesaikan dengan tepat dan cepat.

Baca Juga: Tak Perlu Kecewa, Ini Tips Menghadapi PHK dengan Positif!
 

Ini Tips Anda Terhindar dari stres atau Sakit Mental Hadapi PHK

1.Bertanya dan Meminta Kak Kepada Perusahaan

Hak Anda sebagai orang yang jadi korban PHK adalah bertanya terhadap hak-hak kepada perusahaan. Hak yang bisa ditanyakan adalah uang pesangon, gaji terakhir, surat rekomendasi kerja dan surat keterangan di PHK.

Mungkin, Anda juga bisa tanyakan penggantian cuti dengan uang. Adapun, Kompensasi yang legal lainnya dapat dilihat di Undang-undang ketenagakerjaan melalui https://www.dpr.go.id/dokjdih/document/uu/1432.pdf.
 

2. Tenangkan Diri

Pastinya kamu masih dalam kondisi sedih, kecewa , tidak konsentrasi untuk beraktivitas. Di hari pertama PHK, kamu harus tenangkan diri.

Tentu kamu bisa berbagi cerita dengan orang terdekat dan mengeluarkan keluh kesah yang dirasakan.
 

3.Lakukan Kegiatan yang Membuat Bahagia

Pasti punya passion lain selain bekerja. Di saat kena PHK, kamu dapat mengembangkan kegiatan yang kamu sukai.

Pilihlah tempat atau kegiatan yang langsung membawa dirimu lebih terhibur ketimbang merasakan kesedihan PHK secara terus menurus.
 

4.Rapikan Resume dan Portofolio

Ketika kamu sudah bekerja, pasti ada pengalaman kerja yang membuatmu mencapai suatu karir lebih tinggi dari sebelumnya. 

Nah, resume dan portofoliomu adalah modal utamamu untuk mendapatkan pekerjaan baru. Oleh karena itu, resume dan portofolio harus diperbaharui termasuk pengalaman kerja yang terakhir.
 

5. Promosikan Diri di LinkedIn

Pasti kamu sudah mengetahui bahwa LinkedIn adalah platform yang tepat untuk mempromosikan diri dan melakukan personal branding.

Ada banyak HRD di Linkedin yang langsung dapat melihat potensi yang aktif .
 

6. Mencari Pekerjaan di Website Penyedia Lowongan Pekerjaan

Tempat lain yang dapat membantu kamu untuk dapat mencari pekerjaan adalah di website penyedia lowongan kera.

Tentu, kamu harus bersaing dengan ratusan bahkan ribuan pencari kerja lainnya.
 

7.Tingkatkan Kemampuan

Keterampilan lain yang mendukung karirmu perlu dikembangkan dan diupgrade. Mencari lembaga atau tempat pelatihan yang tepat agar kemampuan dan skill terus terupgrade.

Setiap orang terkena PHK akan merasa sedih dan kecewa.  Namun, hal itu tak boleh berlangsung berlarut-larut.

Move on atau bangkit! Karena masa depanmu ada ditanganmu. Jangan terlalu bersedih.

Baca Juga: 5 Tips yang Bisa Kamu Lakukan Ketika Kena PHK

___________________________________________________

Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.