Kenapa Sih Posisi Kamar Mandi Hotel Selalu Berdekatan dengan Pintu Kamar?

Ilustrasi Kamar Hotel (sumber gambar: Canva)

Ilustrasi Kamar Hotel (sumber gambar: Canva)

Like

Be-emers pernah kepikiran nggak, kenapa kamar mandi di kamar hotel letaknya selalu dekat dengan pintu kamar?

Apakah ada penjelasan khususnya, atau cuma sekedar tata ruang biasa? Mari kita bahas di artikel berikut ini ya! 

Tata letak kamar mandi yang berdekatan dengan pintu kamar bukan sekedar didesain asal tanpa alasan lho. Ada 4 alasan teknis nih yang bisa menjawab pertanyaan mengapa kamar mandi hotel selalu berdekatan dengan pintu masuk kamar.

Yuk, simak penjelasan berikut ya! 

 

Ilustrasi kamar hotel/Canva

Ilustrasi kamar hotel/Canva

 

Alasan Pertama: Agar Kamar Tetap Steril
Posisi kamar mandi yang berada di dekat pintu masuk akan memudahkan tamu atau pengguna kamar membersihkan diri setelah beraktivitas di luar.  

Dengan begitu, kebersihan di area tempat tidur seperti kasur, meja, dan lantai bisa terjaga kebersihannya dan tetap higienis


Baca Juga: Hotel Paling Tipis di Dunia Baru Buka di Indonesia!


Alasan Kedua: Area Kasur Tetap Kering 
Letak kamar mandi yang berdekatan dengan pintu masuk bisa meminimalisir cipratan atau rembesan air ke area kasur sehingga tidak ada kondisi menyebalkan seperti istirahat tidak nyaman karena kasur basah atau lembab. 
 

 

Ilustrasi kamar hotel/Canva

Kama tidur hotel/Canva

 

Alasan Ketiga: Aman dari Gangguan 
Penempatan kamar mandi hotel yang berdekatan dengan pintu masuk kamar akan menghindarkan tamu dari sejumlah gangguan seperti masalah pipa bocor, atau rembesan air yang mengharuskan petugas untuk melakukan pengecekan. 

Area kamar akan tetap terjaga kebersihannya karena petugas yang melakukan pengecekan atau perbaikan tidak harus melewati area tempat tidur. 
 

 

Petugas membersihkan kaca kamar mandi./Canva

Petugas membersihkan kaca kamar mandi/Canva

 

Alasan Keempat: Tidak Menghalangi Pemandangan dari Dalam kamar 
Alasan terakhir mengapa letak kamar mandi hotel dekat dengan pintu masuk kamar yakni agar kamar hotel memiliki pemandangan ke luar yang lebih luas tanpa harus berbagi ruang dengan kamar mandi.

Alasan lain yakni membangun kamar mandi yang jauh dari jendela akan memberikan pencahayaan dari luar lebih banyak sehingga ruangan akan terkesan lebih luas dan nyaman. 

Baca Juga: Cara Cerdik Memilih Hotel Backpacker yang Tepat Agar Nyaman

Nah itu dia Be-emers 4 alasan mengapa kamar mandi hotel biasanya terletak di dekat pintu masuk kamar. Jadi sudah tidak penasaran lagi ya. Sampai jumpa di artikel aku lainnya.


___________________________________________________

Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung