Fakta atau Mitos: Telinga Berdenging Menandakan Nasib Buruk

Fakta atau Mitos: Telinga Berdenging Menandakan Nasib Buruk (sumber: freepik)

Fakta atau Mitos: Telinga Berdenging Menandakan Nasib Buruk (sumber: freepik)

Like

Telinga berdenging atau tinnitus seringkali diselimuti mitos dan kepercayaan takhayul. Beberapa meyakini bahwa telinga berdenging adalah firasat buruk, sementara yang lain mengaitkannya dengan isyarat mistis.
 

Penyebab Telinga Berdenging: Bukan Hanya Mitos

Beberapa orang mungkin mengasosiasikan telinga berdenging dengan mitos dan firasat buruk. Akan tetapi, menurut Dr. Harim Priyono, seorang spesialis THT-KL dari RS Cipto Mangunkusumo, tinnitus sendiri bukanlah kondisi berbahaya.

Dalam wawancaranya dengan detik.com, dr. Harim menjelaskan bahwa tinnitus sebenarnya adalah tanda atau gejala dari penyakit lain yang mendasarinya.

"Tinnitus itu tidak berbahaya. Tapi kalau ada tinnitus apakah ada penyakit lain yang menyebabkan? Nah, penyakit penyebabnya itu yang bisa bahaya."


Lebih lanjut, dr. Harim menyatakan bahwa tinnitus bukanlah sebuah diagnosis penyakit, melainkan tanda untuk diagnosis penyakit lainnya.

Jadi, meskipun telinga berdenging itu sendiri tidak berbahaya, bisa jadi itu adalah isyarat dari kondisi medis yang perlu diperhatikan. Dalam hal ini, lebih baik menyikapi telinga berdenging sebagai tanda bahwa tubuh memberikan sinyal adanya ketidaknormalan yang mungkin membutuhkan perhatian medis.

Baca Juga: Disepelekan, Ini Bahaya Bersihkan Telinga dengan Cotton Bud!
 

Telinga Berdenging, Pertanda Nasib atau Gejala Medis?

Dalam pandangan masyarakat, telinga berdenging sering dianggap sebagai pertanda buruk atau nasib yang tidak baik. Tetapi, apakah ada bukti ilmiah yang mendukung pandangan ini?


Artikel ini akan mengupas lebih dalam apakah telinga berdenging dapat diartikan sebagai firasat buruk ataukah ada penjelasan medis yang lebih obyektif.

"Tinnitus sebenarnya bukan nama diagnosis penyakit. Nama tanda (penyakit). Seperti Anda batuk, batuk itu bukan diagnosis. Penyakitnya bukan batuk, oh ini batuk karena penyakit TBC misalnya gitu. Batuk karena penyakit influenza." -dr. Harim


Jadi, telinga berdenging adalah gejala, bukan penyakit.

Baca Juga: Pertama Kali Dalam Dunia Medis, Tim Dokter AS Berhasil Melangsungkan Transplantasi Jantung Babi ke Manusia
 

Telinga Berdenging: Apakah Ini Gejala Serius dari Penyakit?

Pertanyaan krusial yang harus dijawab adalah, apakah telinga berdenging bisa menjadi gejala dari penyakit yang lebih serius? berbagai kondisi medis yang mungkin terkait dengan telinga berdenging yang persisten. Beberapa di antaranya termasuk tumor saraf, tekanan darah tinggi, hingga penyakit Meniere.

Menurut dr. Harim, dikutip dari Halodoc, "Macam-macam, tumor saraf, tumor otak, rumah siput (klokea) yang keracunan, rumah siput yang mengalami trauma, infeksi mereka menghasilkan tinnitus. Prinsipnya ada gangguan pendengaran, berikutnya akan muncul tinnitus."


___________________________________________________
Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung!