Apa Beda Pinjaman Online vs Student Loan Berkaitan dengan UKT?

javier-trueba-unsplash

javier-trueba-unsplash

Like

Apakah kita masih ingat polemik mahasiswa ITB protes tentang pembayaran UKT yang harus dibayar lewat pinjaman online jika mereka belum juga membayar UKT?

Bahasan tentang UKT  yang merupakan Uang Kuliah Tunggal  yang telah ditetapkan oleh Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2013 tentang Biaya Kuliah Tunggal dan Uang Kuliah Tunggal pada perguruan Tinggi Negeri di lingkungan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

UKT yang telah berlaku sejak 2013/2014 , mahasiswa hanya bayar satu jenis biaya pada tiap semester tanpa ada biaya tambahan lainnya.   UKT bagian dari BKT yang ditanggung oleh mahasiswa sesuai kondisi ekonominya dan sebagian lain ditanggung pemerintah.

Penentuan UKT sesuai dengan informasi dari mahasiswa tentang gaji dan tunjangan, aset orangtuanya.
Besaran biaya UKT yang disesuaikann dengan program studi dan besaran penghasilan orangtua.

Student Loan 


Di Indonesia secara resmi belum ada student loan . Meskipun pada tahun 2018 Presiden Jokowi mendorong perbankan segera meracik fasilitas kredit pelajar  seperti yang terjadi di Amerika Serikat.

Skema student loan sedang didiskusikan oleh Ibu Sri Mulyani dengan mengadopsi system pendidikan di AS, dilakukan oleh bank maupun pemerintah.
Student loan itu bunganya jelas lebih rendah dari pinjaman lainnya, bahkan sampai nol perjen. Jangka waktu pembayarannya lebih meringankan.  Namun untuk mendapatkan student loan, mahasiswa harus memenuhi persyaratan yagn cukup ketat dan tidak semuanya bisa diberikan.

Di Amerika Serikat ada empat jenis federal student loan, pinjaman bersubisidi langsung, pinjaman langsung tanpa subsidi, pinjaman PLUS langsung, pinjaman konsolidasi langsung.   Pinjaman maksimal sebesar USD 12.500 atau sekitar Rp.197,2 juta per tahun.  Pinjaman ini khusus untuk S1, sementara untuk S2 dan S3 pinjaman sebesar USD 20.500 atau sekitar RP.323.4 juta.
Student loan di Amerika ini dibayar atau diangsur setelah peminjam lulus , bahkan ada yang sudah bekerja baru membayar kembali. (tergantung skema peminjamannya).  Jadi selama jadi mahasiswa tidak terikat untuk pembayaran kembali.

Pinjaman online
Apabila di Indonesia belum ada fasilitas Student loan di perbankan, terpaksa tentu pinjaman yang paling mudah aksesnya bagi mahasiswa adalah pinjaman online.

Namun perlu diingat dan diperhatikan, keuntungan pinjaman online yang mudah didapatkan itu memiliki risiko yang tinggi seperti suku bunganya lebih tinggi dari student loan, juga  waktu cicilan singkat serta tujuan dari  pinjaman tidak bisa dilakukan bertahap , tetapi harus sekaligus.
Ketika peminjaman mendapatkan dana dari pinjol, harus segera dialokasikan biaya apa saja yang harus dibayar dan kapan saja harus dibayar.  Jika tidak segera dialokasikan, mudah untuk dipakai untuk hal konsumtif yang lainnya.

Peminjam online harus segera dibayar biasanya satu bulan setelah dana cair, maka peminjam harus membayar secara angsuran.  Jadi  peminjam harus memiliki dana untuk membayar angsuran.


Pemerintah dan Kemendikbud segera menyelesaikan skema student loan yang lebih ringan untuk pembayaran angsurananya dan tentu saja, persyaratan harus sangat ketat.