Deretan Artis Jadi Calon Legislatif! Apakah Bisa?

Deretan Artis Jadi Calon Legislatif! Apakah Bisa? (Image: Instagram)

Deretan Artis Jadi Calon Legislatif! Apakah Bisa? (Image: Instagram)

Like

Di tahun 2024 ini banyak deretan artis Indonesia yang ikut mencalonkan dirinya sebagai calon legislatif.

Hampir sebagian bebar spanduk dan benderanya tersebar di seluruh Indonesia. Terutama, di beberapa titik daerah khusus ibu kota Jakarta.

Tidak hanya artis, bahkan penyanyi hingga pelawak pun ikut berkontribusi mencalonkan dirinya sebagai DPR Republik Indonesia.

Baca Juga: Spontan Uhuy! Ini 5 Fakta Menarik Komeng di Pemilu 2024 yang Viral di Medsos

 

Sebenarnya Hal Tersebut Diperbolehkan atau Tidak, Sih?

Dilansir dalam artikel dpr.go.id, bahwa setiap profesi diperbolehkan menjadi calon anggota DPR.


Anggota Komisi VIII mengatakan, setiap artis atau profesi lainnya memiliki hak untuk menjadi wakil rakyat dan disaat terpilih harus tetap teguh dan bertanggung jawab dengan memberikan kinerja terbaiknya dalam menjalankan tugas-tugasnya.

Selain itu, Desy Ratnasari juga menambahkan bahwa setiap anggota harus tetap amanah dan mampu menjalankan potensi dalam dirinya karena namanya sangat tersorot di mata publik.

Baca Juga: Pemilu 2024 Ramai Soal Kpopfication, Apa Itu?

 

Beberapa Artis yang Mencalonkan Dirinya sebagai Dewan Legislatif Republik Indonesia

Mulai dari deretan penyanyi, presenter kondang, hingga pelawak mencalonkan dirinya sebagai anggota dewan di Pemilu 2024. Ada siapa aja ya?
 

1. Elfona Mekel (Once Mekel)

Di awal tahun 2024 penyanyi papan atas Indonesia ini mencalonkan dirinya sebagai calon legislatif untuk Dapil DKI Jakarta II.

Bahkan, baliho hingga bannernya terlihat jelas di sepanjang jalan Jakarta Selatan hingga Jakarta Pusat. 
 

2. Krisdayanti dan Anang Hermansyah

Kalau artis ini pasti enggak asing, kan? Di tahun 2019, penyanyi Krisdayanti menjadi DPR Dapil Jawa Timur V, dan berhasil menjadi DPR-RI periode 2019-2024. Ini merupakan kali kedua mbak KD mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI, lho!
 

3. Komeng (Alfiansyah)

Baru-baru ini namanya ramai di internet karena Komeng menjadi salah satu caleg di daerah Jawa Barat. Ia mencalonkan diri sebagai calon anggota DPD-RI daerah pemilihan Jawa Barat.

Berbeda dengan calon lainnya, Komeng memasang foto yang sangat kocak di surat suara dan sukses bikin warga publik heboh. Bahkan, kini namanya langsung trending di media sosial X
 

4. Uya Kuya

Setelah sukses menjadi presenter kondang, Uya Kuya juga ingin terjun langsung ke dalam dunia politik. Sama seperti Once, Uya Kuya telah mencalonkan dirinya sebagai Dapil DKI Jakarat II. Dalam salah satu podcastnya ia mengaku bahwa terjunnya ke dunia politik karena ingin terus memperjuangkan keadilan rakyat Indonesia.
 

5. Denny dan Narji Cagur

Walaupun berbeda partai pilihan tapi keduanya tetap saling mendukung satu sama lain. Selain menjadi pelawak ia mengaku ingin lebih bermanfaat kepada masyarakat Indonesia. Denny Cagur mencalonkan dirinya sebagai caleg DPR-RI Dapil II Jawa Barat, sedangkan Narji Jagur mencalonkan dirinya sebagai DPR-RI Dapi Jawa Tengah.


___________________________________________________

Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung!