Spontan Uhuy! Ini 5 Fakta Menarik Komeng di Pemilu 2024 yang Viral di Medsos

Komeng Mencalonkan Diri sebagai Anggota DPD Dapil Jabar di Pemilu 2024 - Image: Wikimedia

Komeng Mencalonkan Diri sebagai Anggota DPD Dapil Jabar di Pemilu 2024 - Image: Wikimedia

Like

Spontan, uhuy! Tagline itu lekat banget sama komedian Komeng, yang ternyata ikutan nyaleg di Pemilu 2024!

Kurang lebih, tagline "Spontan, Uhuy!" juga relate sama respon netizen pas pertama kali buka kertas suara untuk pemilihan anggota DPD (Dewan Perwakilan Daerah) RI periode 2024-2029, khususnya yang berada di Dapil (Daerah Pemilihan) Jawa Barat.

 

Komeng di Kertas Suara Calon Anggota DPD Dapil Jabar Pemilu 2024 - Image: X (Twitter)

Komeng di Kertas Suara Calon Anggota DPD Dapil Jabar Pemilu 2024 - Image: X (Twitter)


Komeng yang dikenal sebagai komedian kondang itu mencalonkan diri sebagai anggota DPD dari Jawa Barat dengan nomor urut 10. Dilansir dari laman Bawaslu, DPD adalah entitas lembaga tinggi negara dan punya fungsi yang sama seperti DPR RI.

Nah, salah satu tugas utama DPD RI yaitu mengawasi pelaksanaan otonomi daerah di Indonesia. DPD juga mendukung pembangunan dan perkembangan kesejahteraan di tingkat daerah.

Kalau dilihat dari tugas DPD yang enggak sepele ini, enggak heran kalau netizen terkejut pas Komeng mencalonkan diri. Soalnya, seperti yang kita ketahui nih, pribadi Komeng justru dikenal kocak, santai, dan jarang terlibat dalam aktivitas politik.


Baca Juga: Pemilu 2024 Ramai Soal Kpopfication, Apa Itu?

 

Fakta Menarik Komeng di Pemilu 2024

Jadi viral di media sosial, kita simak fakta menarik seputar bang Komeng yang nyaleg di Pemilu 2024, yuk!
 

1. Komeng Bukan Anggota Partai

Calon Legislatif (Caleg) identik dengan partai politik. Eits, tapi enggak semua caleg harus anggota partai, lho!!

Bang Komeng contohnya. Komedian yang pernah jadi bintang iklan bareng Valentino Rossi dan Lorenzo ini bukan anggota partai politik alias caleg independen.

Dilansir dari hukumonline.com, sesuai Pasal 1 angka 27 UU 7/2017, bakal calon anggota DPD justru harus mencalonkan diri secara perseorangan atau independen, bukan dari partai politik.

Sebaliknya, berdasarkan Pasal 240 UU 7/2017, calon anggota DPR, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota harus terdaftar sebagai anggota dari partai politik peserta pemilu.

 

Komeng menemui Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti - Image: Website DPD RI

Komeng menemui Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti - Image: Website DPD RI


Karena bukan dari partai politik, salah satu syarat yang harus dipenuhi Komeng untuk maju dalam Pemilu DPD RI yaitu punya dukungan minimal pemilih yang diatur dalam Pasal 8 Peraturan KPU 13 Tahun 2022.

Adapun menurut dokumen Provinsi Jawa Barat, jumlah penduduk di wilayah Pasundan mencapai lebih dari 49,4 juta jiwa. Nah berdasarkan peraturan yang berlaku, artinya Komeng telah memenuhi syarat dukungan minimal 5.000 KTP untuk jadi calon anggota DPD RI.

Mengutip informasi dari laman tirto.id, KPU Jabar menjelaskan kalau beberapa waktu sebelumnya Komeng telah berhasil mengumpulkan sekitar 6.000 KTP warga sebagai syarat pencalonan.
 

2. Komeng Ganti Nama buat Nyaleg

Mengawali karier dengan membintangi serial komedi Kompor Diamor tahun 1991, nama Komeng makin naik naik pamor sebagai komedian di era 90-an hingga sekarang.

Nama “Komeng” melekat banget dalam diri Alfiansyah Bustami. Alhasil, pria kelahiran 25 Agustus 1970 itu ganti nama jadi Alfiansyah Bustami Komeng untuk keperluan nyaleg.

 

Komeng Mencalonkan Diri sebagai DPD RI Dapil Jabar di Pemilu 2024 - Image: X (Twitter)

Komeng Mencalonkan Diri sebagai DPD RI Dapil Jabar di Pemilu 2024 - Image: X (Twitter)


Diketahui, penambahan nama “Komeng” di nama asli komedian yang juga mantan anggota Himpunan Mahasiswa Islam itu sudah dikabulkan Hakim Pengadilan Negeri Kelas IA Cibinong, Jawa Barat sejak Mei 2023.

Alhasil, Komeng pun muncul di kertas suara pemilihan anggota DPD RI wilayah Jawa Barat dengan nama “Alfiansyah Komeng”.
 

3. Foto Nyaleg Komeng Dibikin Dadakan

Berharap Komeng bakal pakai jas atau berfoto gaya formal buat nyaleg? Pastinya, hak itu enggak bakal terjadi!

Soalnya, Komeng justru menarik perhatian karena gaya fotonya yang jenaka! Alih-alih mau terlihat gagah, Komeng malah memiringkan kepalanya dengan ekspresi mata melotot dan mulutnya sedikit terbuka.

 

Foto Komeng untuk Pencalonan Diri sebagai Anggota DPD RI - Image: KPU

Foto Komeng untuk Pencalonan Diri sebagai Anggota DPD RI - Image: KPU


Apalagi, dilansir dari Kompas.com, Komeng mengaku kalau foto yang dipakai buat nyaleg itu dibuat dadakan di depan rumahnya.

Bukan difoto oleh fotografer, Komeng justru mengaku kalau fotonya itu hasil selfie sambil menunggu memanaskan mesin mobil!

Kocak!
 

4. Komeng Mau Mengembangkan Kesenian

Di balik gayanya yang kocak, Komeng justru enggak main-main dalam pencalonan dirinya sebagai DPD, lho!

Perlu diingat, anggota DPD adalah senator dalam ranah legislatif. Sehingga, siapapun yang menjabat di posisi tersebut harus kompeten dan visioner.

Dikutip dari laman resmi KPU, motivasi Komeng untuk jadi senator yaitu ingin mengembangkan kesenian Indonesia, terutama di wilayah Jawa Barat dengan penuh kebahagiaan.

 

Profil Komeng sebagai Calon Anggota DPD RI Dapil Jabar - Image: KPU

Profil Komeng sebagai Calon Anggota DPD RI Dapil Jabar - Image: KPU


Perhatian Komeng terhadap kesenian di Indonesia juga pernah ia tuangkan dalam skripsinya yang berjudul “Pengaruh Disiplin dan Pemberdayaan terhadap Profesionalisme Anggota Persatuan Seniman Komedi Indonesia di Jawa Barat”.

Baca Juga: Keresahan Netizen +62, Diaspora hingga Guru Besar Kampus “Turun Gunung” Jelang Pesta Demokrasi Pemilu 2024

 

5. Unggul di Quick Count, Netizen: All In Komeng!

Munculnya Komeng juga bikin netizen banyak yang menyerukan “All In Komeng” di media sosial mereka. Bahkan, Komeng jadi trending topic di X (Twitter) sejak Hari Pemilu 2024.

Dukungan dari netizen dan warga Jabar juga dibuktikan dengan hasil quick count Komeng nih. Berdasarkan hasil real quick count KPU hingga 10:30 WIB, Komeng berhasil mengantongi 193.189 suara atau setara 8,32 persen dari total suara yang masuk!

 

Komen All In Komeng seiring Hasil Quick Count Komeng yang Unggul di Pemilu 2024 - Image: X (Twitter)

Komen All In Komeng seiring Hasil Quick Count Komeng yang Unggul di Pemilu 2024 - Image: X (Twitter)


Dari hasil quick count tersebut, perolehan suara Komeng unggul jauh mengalahkan 53 calon DPD RI lainnya dari Dapil Jawa Barat.

Komedian Cing Abdel pun membagikan momen chat dirinya bersama Komeng saat mengetahui kalau sahabatnya itu dapat banyak dukungan di Pemilu 2024. Seperti biasanya, respon Komeng pun justru tambah bikin netizen tertawa dan terhibur.

 

Cing Abdel Bagikan Momen Chat dengan Komeng di Momentum Pemilu 2024 - Image: Instagram Cing Abdel

Cing Abdel Bagikan Momen Chat dengan Komeng di Momentum Pemilu 2024 - Image: Instagram @abdelachrian


Gimana? Apakah Komeng juga “jagoan” kamu di Pemilu kali ini?


___________________________________________________

Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung!