Portofolio Kunci Keberhasilan Memamerkan Kemampuanmu

pexels-ann-ha

pexels-ann-ha

Like

Tahun 2023 dan 2024 disebut tahun PHK yang tertinggi   Pada tahun 2023, jumlah karyawan yang terkena PHK sebesar 245.450 orang dari 1.076 perusahaan.  Umumnya dari Perusahaan teknologi global.  Apabila Anda adalah salah satu yang kena PHK, pasti hati sangat sedih, kecewa , marah bercampur aduk karena PHK itu dilakukan dalam waktu yang sangat singkat, belum ada persiapan.

Namun, hidup  ngga mungkin berhenti, harus berjalan dan berlangsung terus.   Kegalauan dan kesedihan tak mungkin dibiarkan terus berlarut sepanjang hari.
Ada langkah-langkah yang perlu dilakukan.  Kamu harus segera “move on”.  Bergerak, untuk mencari pekerjaan lain atau ingin  usaha sendiri.
Keduanya butuh usaha yang sangat besar, baik mental, fisik maupun modal. 

Jika kamu masih merasa tidak mungkin punya usaha dalam waktu singkat, tetap ingin mencari pekerjaan baru, ada yang perlu persiapan matang.
Mengapa persiapan matang harus dilakukan?  Persiapan matang untuk menghadapi kompetitor dari teman-teman yang melamar karena  memiiki nasib yang sama kena PHK. 

Untuk hadapi persaingan tajam itu, tentunya ada strategi agar rekruter tidak langsugn menolak lamaran yang Anda buat.

Ada yang mengatakan bahwa Anda punya bargaining power karena gaji terakhir dari Perusahaan dimana kamu bekerja sangat besar.
Perlu diperhatikan bahwa tidak semua Perusahaan yang merekrut professional hire hanya melihat dari gaji terakhir dari calon karyawan.  Justru Perusahaan ingin bukti kemampuan skill yang Anda miliki.

Lalu, bagaimana Anda dapat membuktikan diri bahwa Anda pantas direkrut karena punya segudang keahlian/kemampuan sesuai yang dicari oleh Perusahaan.

Membuktikan diri keahiliaan seseorang itu bukan hanya dilihat dari personal branding saja, tapi dilihat dari portofolio yang Anda buat.  Analoginya apabila ada seorang pelukis jalan (street painter), hanya memamerkan lukisannya di jalan-jalan besar saja.  Tapi dia tak pernah memamerkan di galeri. Pelukis yang pernah memamerkan lukisannya di galeri, punya prestasi dan kelas yang berbeda dengan mereka yang hanya pamerkan di jalan saja.

Strategi  yang tepat untuk memamerkan skill atau kemampuan itu adalah dalam portofolio.

Apa portofolio?
Suatu jilid dokumen yang memuat segala data dan dokumentasi dari hasil kerja terbaikmu. Dokumen ini jadi bukti atas segala pencampaian dan keahlianmu.
Di dalam portofolio terdapat berikut ini:
1.Resume
2.CV
3.Salinan ijazah
4.Salinan serstifikat dan bukti keahlian
5.Surat rekomendasi
6.Dokumentasi dan informasi mengenai hasil pekerjaan /proyek yang pernah dilakukan.

Manfaat portofolio dalam “job seeking”

1.Kesan professional
Sebuah portofolio representasi dari niat kamu untuk sungguh berkarir .  Anda telah meluangkan waktu, usaha, inisiatif membuat protofolio yang menarik dan Perusahaan dapat melihat apakah kamu akan bekerja secara optimal.

2. Lebih menonjol ketimbang kandidat lain
Boleh dikatakan suatu portofolio adalah cara untuk memamerkan prestasi dan pencapaianmu. Dengan portfolio, kamu telah memiliki poin plus dibandingkan kandidat lainnya.  Suatu awal yang baik untuk menjalankan tahapan selesai beirkutnya.

3. Memantau progress
Dari portofolio, Perusahaan dapat mengukur secara pasti bagaimana progress dari pengembangan dirimu.

4.Memudahkan kenaikan karir
Pastinya Anda pengin kenaikan gaji dan karir yang menanjak.  Portofolio adalah bukti dari apa yang telah Anda kerjakan, peningkatan skill yang dicapai ke tingkat yang paling besar,  Hal ini pasti mempengaruhi Perusahaan untuk bisa pertimbangkan dalam kenaikan karir/gaji.

Nach, siapkan semua portofliomu yang sangat komprehensif dan menarik serta mumpuni.