4 Penyebab Kegagalan dalam Mempersiapkan Dana Pensiun!

Dana Pensiun (Sumber gambar: Pinterest)

Dana Pensiun (Sumber gambar: Pinterest)

Like

Semua orang ingin hidup tenang di masa tua mereka, terbebas dari utang, dan tidak pusing untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Itu semua, tentu saja, dapat dicapai dengan adanya dana pensiun.

Sebelum mempersiapkan dana pensiun, kamu harus tahu seberapa besar dana yang harus disiapkan pada saat masa pensiun nanti. 

Hal itu mungkin terdengar sepele, tetapi dampak nya akan sangat besar jika tidak mengetahui nya. Oleh karena perilaku tersebut bisa saja kamu menjadi gagal dalam mempersiapkan dana pensiun untuk dirimu sendiri.

Bahkan, jika kamu masih memiliki dana pensiun yang kurang, kamu harus terus bekerja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Baca Juga: Mau Pensiun Nyaman? Ini 5 Cara Mengalokasikan Dana Pensiun Selain Ditabung


 

Penyebab Kegagalan dalam Mempersiapkan Dana Pensiun

Jadi, apa saja penyebab kegagalannya? Yuk, disimak!
 

1. Terlambat dalam Mempersiapkan Dana Pensiun

Menunda adalah sesuatu yang buruk, terutama ketika Anda menunda untuk mempersiapkan dana pensiun. Banyak orang menunda mempersiapkan dana pensiun karena mereka pikir mereka masih muda dan lajang.

Namun, ketika mereka sudah berkeluarga, persiapan dana pensiun dapat ditunda karena kebutuhan anak. Jika Anda menunda untuk mempersiapkan dana pensiun, ada banyak konsekuensi.

Misalnya, Anda mungkin tidak memiliki cukup uang saat pensiun atau harus mengeluarkan lebih banyak uang untuk berinvestasi. Akibatnya, Anda mungkin masih harus bekerja sampai Anda memiliki cukup uang untuk pensiun.
 

2. Tidak Memiliki Rencana Keuangan untuk Masa Tua

Dilansir dari laman amartha, seorang perencana keuangan David Walters mengatakan bahwa gaji pasti akan berkurang setelah pensiun, tetapi jika Anda masih memiliki tagihan, itu pasti akan terus mengganggu.

Walters menyarankan untuk menghitung arus kas bulanan sebelum pensiun. Mengetahui beberapa pengeluaran Anda kemungkinan besar akan menunjukkan berapa banyak pendapatan yang dibutuhkan. 

Baca Juga: Menyiapkan Dana Darurat dan Pensiun Sejak Muda, Gimana Caranya? Yuk, Simak Tips dari Dinda NM

 

3. Lifestyle yang Berlebihan di Masa Muda

Bukan masalah selalu menyalahkan gaya hidup modern semata-mata. Namun, kita harus mengakui bahwa ada saat-saat ketika kita terlalu fokus pada apa yang ada saat ini.

Fenomena FOMO, yang berarti "hidup hanya sekali", adalah beberapa ungkapan, alasan, dan contoh mengapa kita lebih memilih menikmati masa sekarang daripada mempersiapkan masa depan. Sebenarnya, tidak ada yang salah dengan berbagai gaya hidup dan menikmati hasil kerja keras selama ini, tetapi jangan lupa juga untuk merencanakan tabungan masa depan.

 

4. Terlilit Hutang

Saat kita memasuki usia pensiun, kita seharusnya sudah tidak memiliki utang apa pun lagi-baik utang konsumtif maupun produktif. Akibatnya, sangat penting untuk menyelesaikan semua hutang sebelum pensiun karena cara terbaik untuk mencicil hutang adalah dengan menggunakan hasil bekerja pada saat masih aktif.

Kita hanya dapat bergantung pada pemasukan dari aset aktif atau dana pensiun saat kita sudah masuk usia pensiun. Jika kita masih harus menanggung beban utang di masa tua, itu benar-benar tidak sehat.

 

___________________________________________________

Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung!