Bangkit dari Kegagalan Bisnis, Ini Tipsnya!

Ilustrasi gambar strategi dalam berbisnis (Sumber gambar: storyblocks.com)

Ilustrasi gambar strategi dalam berbisnis (Sumber gambar: storyblocks.com)

Like

Entrepreneur merupakan salah satu pekerjaan yang hampir semua orang menginginkannya. Terlebih anak muda saat ini yang semakin marak membangun sebuah bisnis dari berbagai sektor. Seperti kuliner, fashion, teknolgi dan sebagainya.

Menjadi seorang entrepreneur tidak semudah yang dibayangkan. Mereka harus mempunyai mental yang kuat dan strategi agar bisnisnya dapat bertahan setidaknya 5 sampai 10 tahun kedepan. Jika tak memiliki mental dan strategi yang matang tak jarang para entrepreneur mengalami kegagalan dalam bisnisnya.

Mengutip laporan Administrasi Bisnis Kecil AS, hamper 50% bisnis kecil hanya bertahan tak sampai 5 tahun. Hanya sepertiga dari seluruh bisnis kecil mampu beroperasi 10 tahun. Sementara 20?ri bisnis kecil bahkan tak dapat melewati tahun pertamanya.

Jika kalian adalah seorang entrepreneur yang sedang mengalami kegagalan dalam bisnis. Berikut tips bangkit dari kegagalan sebuah bisnis :


Terima Keadaan dan Tenangkan Pikiran

Kegagalan merupakan bagian dari proses hidup yang pasti banyak orang alami, apalagi dalam sebuah bisnis. Jangan terlalu keras pada diri kalian. Tenangkan pikiran dan mulailah berpikir untuk menemukan ide cemerlangg untuk membangkitkan bisnis kalian Kembali.


Evaluasi

Mulailah bertanggung jawab atas tindakan dan pilihan kalian. Jika gagal, evaluasi apa yang menjadi titik kegagalan dalam bisnis kalian. setelah mengetahui persis apa yang salah, beri izin pada diri kalian untuk tetap melanjutkan atau melepaskan bisnisnya.


Ketahui Kondisi Keuangan Kalian

Jika kalian memiliki bisnis dan mengalami masalah dalam keuangan, ada baiknya kalian tetap bekerja untuk orang lain untuk sementara waktu. Hal itu dapat membantu kalian dalam permaslahan keuangan pada bisnis.



Bangun Jaringan Pendukung

Memiliki keluarga serta teman yang dapat memberikan dukungan, menawarkan saran tak memihak, dan memberikan tanggapan jujur pada usaha kalian, dapat membuat anda lebih mawas diri dalam hadapi kesulitan. Bahkan jaringan bisnis, mentor dan sesame pengusaha dapat membangkitkan kalian saat mengalami kegagalan.