Rekomendasi 4 Bahan Wajib Takjil yang Mesti Kamu Stock Biar Hemat Budget Takjil

Kulit Pangsit Mie (source : youtube)

Kulit Pangsit Mie (source : youtube)

Like

Salah satu tambahan budget yang mesti disiapkan selama ramadhan adalah budget takjil. Takjili harus ada sebagai hidangan pembuka selama ramadhan.

Takjil bisa berupa apa saja yang penting makanan ringan, sebelum makan berat saat waktu berbuka puasa.

Jika pemasukan masih gitu-gitu aja dan  THR belum turun saat awal puasa, maka Be-mers harus cerdas mengatur keuangan!

Baca Juga: Wah, Menu Takjil Ramadhan Ini Tak Bisa Terlewatkan Lezatnya! Cek Resepnya di Sini!

Salah satunya dengan mengatur pengeluaran jajan takjil!. Saat ramadhan banyak pedagang makanan yang menjual takjil dengan harga yang terjangkau. 


Sayangnya,  kalau jumlah keluarga yang mengkonsumsi takjil banyak. Maka, makin besar budget pengeluarannya!

Berikut adalah hasil survey saya terhadap beberapa resep yang bersileweran diberbagai sosial media. Ada beberapa takjil low budget yang bisa dicoba. 

Harganya pun relatif sama diberbagai daerah. Sehingga dapat dijadikan stock tanpa harus mengeluarkan budget lebih.

Rekomendasi 5 bahan  stock takjil supaya pengeluaran kamu lebih hemat selama Ramadhan!

1. Kulit Pangsit

Terbuat dari adonan tepung, telur dan air, kemudian digiling menjadi berupa lembaran yang cukup tebal sehingga tidak mudah robek.

Kulit pangsit bisa jadi stock takjil yang cukup tahan lama dalam keadaan matang. Warnanya yang kekuningan dengan taburan tepung antar lembar agar tidak lengket.

Kulit pangsit pada umumnya digunakan sebagai sajian pembungkus pangsit goreng, pangsit kuah, batagor dan siomay.

Baca Juga: 5 Resep Kue Mangkok yang Menggugah Selera untuk Merayakan Imlek

Pada beberapa video singkat ada yang menyajikan kulit pangsit dengan sangat sederhana, salah satunya dengan dilipat bentuk menggulung kemudian digoreng. hmmm, mudah sekali be-mers.

Beberapa resep lainnya bahkan ada yang menggunakan dua bahan, dipotong kecil-kecil kemudian digoreng dan diberikan bumbu kering, msalnya balado. Menarik yah, simple juga nih.

Bukan hanya resep asin dan gurih, kulit pangsit juga bisa disajikan menjadi takjil manis.Harga per pack relatif murah, sekitar Rp. 10.000,- saja (tergantung daerah masing-masing.
 

 

2. Buah Musiman

Salah satu hemat menikmati beragam buah adalah belilah yang buah musiman. Di ramadhan 2024 ini, buah alpukat, naga dan durian lagi musim banget nih, be-mers.

Banyak menu sajian takjil yang bisa diolah dari buah yang lagi musim. Misalnya, di rumah be-mers ada sirup, langsung bikin saja es sirup dicampur potongan buah alpukat atau naga.

Biasanya semakin membali banyak, harga juga semakin murah. Apabila be-mers kuatir membeli buah yang lagi musim dengan jumlah banyak berakhir busuk, bisa dong diupayakan dengan cara berikut.

Baca Juga: Resep Sawut, Cocok untuk Menu Sarapan atau Bahkan Ide Jualan?

Buah dipotong kecil-kecil dimasukkan ke dalam wadah plastik kemudian di simpan dalam freezer. Ketika nanti akan dibuat jus, bisa langsung diblender dengan gula dan ditambah susu.

Simple, mudah, praktis dan cepat, selain itu dapat hematnya juga nih, be-mers. Harga buah alpukat atau naga per kilo biasanya yang mencapai Rp. 40.000,- kalau lagi musim bisa menjadi Rp. 10.000,- per kilogram, hemat sekali bukan?

 

3. Tepung Terigu

Salah satu bahan yang wajib ada didapur adalah terigu. Segala camilan banyak yang membutuhkan tepung terigu sebagai bahan dasar.

Baca Juga: Sarapan Praktis dengan Telur Dadar Jagung, Sumber Protein dan Karbohidrat

Misalnya, dirumah ada pisang bisa dong jadi pisang goreng yang nikmat. Selain itu, tepung terigu bisa dijadikan berbagai camilan sedehana lainnya.

Misalnya, dirumah hanya ada sebungkus mie dan terigu dengan sedikit olahan, bisa jadi sajian gorengan yang nikmat sekali. Tepung terigu ini hanya Rp. 11.000,- per kilogram, sangat terjangkau bukan?

 

4. Tahu

Untuk bahan yang satu ini, saya sendiri sangat suka, karena tinggal dipotong-potong kemudian disiapkan dua tepung, tepung basah dan kering, jadilah tahu krispi.

Bolehlah ditambah bumbu kering seperti balado atau barbeque, hmm enak banget. Tahu sendiri termasuk bahan makanan yang cukup awet disimpan di lemari pendingin, selain itu harganya di tiap daerah cenderung murah.

Kalau di daerah saya hanya Rp. 2000,- per potong, jadi kalau beli Rp, 6.000,- sudah bisa dipakai 2-3 hari, loh. 

Keempat bahan tersebut, adakah be-mers yang sudah mempraktekkan saat puasa ini? Yuk, dicoba, siapa tahu bisa menjadi salah satu langkah untuk menghemat pengeluaran saat ramadhan 2024 ini.

#30hariramadhanbercerita

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.