6 Jenis Olahraga yang Aman dilakukan Saat Puasa Ramadhan

(Sumber gambar: Freepik)

(Sumber gambar: Freepik)

Like

Bulan Ramadhan bukan berarti harus berhenti berolahraga. Justru, olahraga saat puasa dapat membantu menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, serta meningkatkan stamina selama berpuasa.

Namun, penting untuk memilih jenis olahraga yang aman dan sesuai dengan kondisi tubuh saat berpuasa. 

Baca Juga: Gemar Olahraga? Waspadai Cedera dalam Bulu Tangkis Ini!



Berikut 6 Jenis Olahraga yang Aman dilakukan Saat Puasa

 

1. Jogging

Jogging meningkatkan produksi hormon endorfin, yang meningkatkan pembakaran kalori. Namun, untuk menghindari dehidrasi, kamu bisa melakukan jogging dengan intensitas yang lebih rendah selama bulan puasa.


2. Yoga

Yoga dapat membantu Anda menjadi lebih tenang, nyaman, dan menenangkan. Yoga juga dapat membantu suplai oksigen ke otak dan menjaga pikiran tetap tenang setelah seharian bekerja. 

Baca Juga: Apakah Kamu Terjebak Hedonic Treadmill? Coba Saran Berikut!

3. Plank

Plank dapat dilakukan di atas matras yoga dengan gerakan tengkurap. Kemudian, dengan memakai siku, angkat pinggul dan punggung sejajar dan tahan posisi ini selama tiga puluh hingga satu menit.


Olahraga ini aman dilakukan sebelum sahur dan buka puasa, jika Anda memulainya selama 30 detik dan meningkatkannya secara bertahap. 


4. Jalan Cepat

Setiap sore menjelang berbuka puasa, kamu dapat melakukan olahraga ini untuk mempertahankan keseimbangan tubuh saat berpuasa.

Bahkan, kamu hanya perlu meluangkan waktu sekitar 30 menit sebelum berbuka. Dengan jalan cepat, tubuhmu bisa mendapatkan banyak manfaat kesehatan. 

Baca Juga: Pentingnya Investasi Kesehatan Tubuh! Kamu Sudah Mulai?



5. Bersepeda

Salah satu olahraga yang cocok saat puasa adalah bersepeda dengan jarak yang dekat hingga sedang. Bersepeda tidak hanya membakar kalori dan lemak, tetapi juga dapat membuat jantung lebih baik dan membuat otot menjadi lebih kuat.

Bersepeda juga dapat membuat Anda lebih santai, sehingga Anda dapat mengurangi stres.


6. Pilates

Pilates dapat disesuaikan sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan tubuh setiap orang, maka dari itu olahraga ini dapat menjadi alternatif yang bagus untuk berolahraga saat berpuasa.

Gerakannya dapat membantu memperbaiki postur tubuh, meningkatkan kekuatan otot, dan menurunkan stres.

Berolahraga saat puasa dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Dengan bermacam-macam jenis olahraga, pilihlah yang aman dan sesuai dengan kondisi fisik kamu.

Pastikan juga untuk selalu memperhatikan asupan air putih dan makanan yang bergizi untuk menjaga tubuh saat berpuasa agar tetap berenergi.

 
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung