Kisah Sukses Zang Hongchao, Pendiri Es Krim Mixue yang Meraup Angka Triliunan

Like

Pada awalnya, Mixue hanya memiliki 3 produk es saja yaitu  es serut, es krim dan smoothie. Usaha yang  dibangun dirinya meraup keuntungan sekitar 100 yen atau setara dengan 175 ribu rupiah. 

Sayangnya, Zang Hongchao mengalami kebangkrutan setelah musim panas berakhir. Namun, dibalik kegagalannya tersebut, ia tidak ingin putus asa.

Akhirnya, pada tahun 1999 ia kembali bangkit untuk memulai usahanya tersebut. Gerainya diberi nama Mixue Bingcheng. 

Baca Juga: Rasyid Nikaz: Seorang Lelaki Mengalahkan Satu Negara

Walaupun bisnis yang sudah dibangun Zang Hongchao sempat mengalami pasang surut. Akhirnya, bisnis tersebut menemukan target pasar yang cukup menguntungkan.


Popularitas es krim di Zhengzhounya meningkat sejak tahun 2006, akhirnya Zhang Hongchao mengubah produknya menjadi es krim yang lembut dengan cone.

Dilansir dari laman liputan6.com, ia mulai mengajukan penawaran kerja sama kepada orang-orang di Provinsi Henan pada tahun 2007.

Hongchao hanya butuh satu tahun untuk memperluas bisnisnya setelah mendapatkan suntikan dana berkat kerja sama yang sudah ia bangun.

Baca Juga: 7 Cara Sederhana Menjadi Orang Kaya yang Mudah Dicoba

Ditahun 2008, saat itu ada satu momen yang cukup dinantikan oleh banyak orang yaitu Olimpiade Beijing 2008.

Saat olimpiade berlangsung, es krim cone menjadi sangat populer. Hingga es krim Mixue ini mengalami keuntungan yang cukup meningkat dan Zang Hongchao sendiri semakin bersemangat dalam mengembangkan bisnisnya tersebut.  

Sekarang, gerai Mixue sudah tersebar dimana-mana, dengan 20.000 gerai utama di China dan lebih dari 1.000 gerai di negara-negara Asia lainnya seperti Indonesia, Filipina, Indonesia, Malaysia, dan Singapura.

Secara keseluruhan, perusahaan Mixue diperkirakan bernilai USD3,17 miliar atau sekitar Rp49,54 triliun.

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung