Hikmah Jual Beli Takjil Ramadhan: Salah Satunya Merajut Silaturahmi Bertetangga

Sumber gambar : Deasy Tanamal (WAG warga)

Sumber gambar : Deasy Tanamal (WAG warga)

Like

Sejak memasuki bulan Ramadhan, setiap sore hari perumahan kami selalu terlihat ramai.

Di pinggir-pinggir jalan utama perumahan terlihat berjejer tenda-tenda kecil berdiri dengan tertata rapi.
Para penjual takjil menawarkan aneka ragam makanan dan camilan untuk keperluan berbuka puasa.

Kebiasaan demikian di perumahan kami, sesungguhnya bukan hal baru, beberapa tahun terakhir pengurus RW atau pun RT turut mendukung kegiatan tersebut.

Ternyata kegiatan menjual takjil di Bulan Ramadhan memang memiliki arti penting bagi penjual dan sekaligus bagi mereka sebagai pembeli.

Bagi penjual, tentu akan dapat meningkatkan pendapatan keluarga untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, atau ada juga yang merasakan untuk membuka peluang usaha khususnya bagi mereka yang ingin mencari penghasilan tambahan.


Nah, bagaimana dengan keuntungan bagi para pembeli?

Tentunya keberadaan penjual takjil tersebut akan sangat membantu mereka mempersiapkan keperluan untuk berbuka dengan beraneka ragam makanan atau camilan.

Terutama bagi mereka yang bekerja hingga sore hari, alias yang tidak sempat untuk memasak dan menyajikan hidangan di rumah saat berbuka.

Maka keberadaan penjual takjil pun menjadi solusi, dan bisa dibilang sangat membantu kehidupan mereka.

Untungnya, ada banyak variasi menu yang ditawarkan dengan harga yang sangat terjangkau. Dengan demikian akan membantu menjadikan momen berbuka puasa lebih istimewa.

Selain hal yang sudah saya paparkan, ternyata proses jual-beli takjil tersebut mampu menumbuhkan semangat kebersamaan dan gotong royong bagi sesama warga.

Bahkan proses jual-beli bukan semata bicara transaksi, tetapi juga dapat mempererat silaturahmi antar warga.

Jadi bisa disimpulkan, bahwa bulan Ramadhan itu dapat membawa berkah bagi semua orang.

Dari cerita singkat di atas, bahwa Ramadhan itu tidak hanya memperkuat aspek spiritual yang menjalaninya, tetapi juga dapat mendukung berbagai kegiatan masyarakat, baik kegiatan ekonomi, juga kegiatan sosial masyarakat.

Bagaimana dengan cerita suasana bulan Ramadhan di tempat atau kotamu?

Yuk ceritakan di platform kesayangan kita. Tentu ceritamu juga akan sangat bermakna, bahkan mungkin bisa menginspirasi pembaca yang berasal dari tempat atau kota yang berbeda.

#30hariramadhanbercerita