Dapat THR Banyak? Kelola Uang Tunjangan Hari Raya Kamu Biar Cuan!

Sumber gambar: pinterest

Sumber gambar: pinterest

Like

Hari raya Idul Fitri sebentar lagi. Tentu momen ini adalah momen yang ditunggu-tunggu oleh para pekerja, karena akan mendapatkan THR.

THR adalah uang tunjangan hari raya yang diberikan rutin setiap setahun sekali. Biasanya THR diberikan kepada karyawan selambat-lambatnya seminggu sebelum hari raya.

Mendapatkan THR tentu menjadi hal yang gembira bagi para pekerja. Namun, jika pengelolaan uang THR tidak dilakukan dengan baik, maka hanya akan sia-sia saja. Jadi perlu tips untuk mengelola THR. 



Mengapa dana THR perlu untuk dikelola?

THR adalah pemasukan yang datangnya tidak rutin setiap tahun. Maka penting bagi kita untuk mengelola uang THR yang diterima dengan bijak.

Baca Juga: Sejarah THR Lebaran di Indonesia: Dari Tunjangan Persekot hingga Regulasi Terkini


Banyak di antara kita yang tidak sadar lagi ketika menghabiskan uang THR. Alhasil, pengeluaran keuangan menjadi tidak sesuai dengan perencanaan.

Menyikapi hal itu, penting bagi kita untuk melakukan perencanaan alokasi keuangan dengan bijak agar keuangan mu tetap sehat pasca lebaran.

Berdasarkan sumber dari generali.co.id, berikut ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatur uang THR:

Baca Juga: 2 Poin Penting Sebelum Menginvestasikan THR Kamu, Salah Satunya Kenali Profil Risiko!




1. Melakukan Perencanaan Anggaran: Pisahkan Kebutuhan & Keinginan 

Hal pertama yang perlu diperhatikan setelah menerima uangTHR adalah dengan membuat perencanaan anggaran yang jelas.

Pisahkan antara hal-hal yang dibutuhkan dan hal-hal yang diinginkan. Langkah ini bertujuan agar membantu kamu memprioritaskan pengeluaranmu dan menghindari pembelian keinginan yang tidak perlu.

Karena tak sedikit dari kita yang justru lebih tergiur dan mengutamakan keinginan, dibandingkan dengan menahan untuk tidak membelinya terlebih dahulu.