4 Manfaat Zakat Bagi Perekonomian, Usaha Produksi Jadi Sektor yang Terdampak

Ilustrasi manfaat zakat untuk perekonomian

Ilustrasi manfaat zakat untuk perekonomian

Like

Zakat merupakan salah satu rukun Islam. Zakat fitrah adalah zakat yang diwajibkan atas setiap jiwa yang muslim, baik laki-laki maupun perempuan.

Saat bulan Ramadhan selain menjalankan puasa, umat Islam juga harus membayar zakat fitrah. Waktu pembayaran zakat fitrah yang paling utama adalah akhir Ramadhan sampai dengan terbit matahari awal syawal atau berlangsungnya sholat Subuh.  

Zakat dimaknai sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama. Zakat fitrah dapat berupa beras maupun uang dengan ukuran yang sudah ditetapkan.

Baca Juga: Menggali Makna Zakat Fitrah: Pilar Spiritual dan Perekonomian Umat Islam

Adapun banyak manfaat yang didapatkan dari zakat fitrah ini, baik dari segi spritualitas dan ekonomi. Banyak manfaat zakat fitrah bagi perekonomian, antara lain sebagai berikut


1. Membantu terjadinya pemerataan ekonomi.

Pemberian zakat dari masyarakat mampu untuk masyarakat kurang mampu akan membantu terjadinya pemerataan ekonomi dalam suatu negara.


Baca Juga: 5 Tradisi Unik di Bulan Ramadhan, Ngabuburit Salah Satunya!

Tujuan pemerataan sumber daya ekonomi adalah untuk mencapai kesetaraan ekonomi  dan mengurangi kesenjangan ekonomi. Hal tersebut akan memacu pertumbuhan ekonomi.
 

2. Mengurangi angka kemiskinan.

Zakat akan membantu sebuah negara untuk mengurangi atau menekan angka kemiskinan. Zakat  membantu masyarakat miskin menjalankan kehidupannya atau membeli sesuatu untuk menjalankan hidupnya.