Zakat Sebagai Penyempurna Bulan Ramadhan, Ini Manfaatnya dalam Bidang Ekonomi

Like

Zakat merupakan hak yang mustahik, artinya berfungsi dapat menolong, membantu serta membina mereka kaum fakir miskin, ke arah kehidupan yang sejahtera dan lebih baik.

Sehingga mereka dapat memenuhi kebutuhan hidupnya dengan baik dan layak, dapat beribadah kepada Allah SWT dan terhindar dari bahaya kekufuran.

Selain itu, bagi mereka orang muslim yang mampu dan setiap tahunnya mengeluarkan zakat fitrah, maka ia sudah mensucikan hartanya dari hal-hal yang tidak di ketahui baik/buruk harta yang didapatkan.

Baca Juga: 4 Manfaat Zakat Fitrah dalam Bidang Ekonomi, Poin Utamanya Mengurangi Kesenjangan Sosial

Mengeluarkan zakat fitrah di bulan Ramadhan, dapat sebagai pelengkap ibadah puasa di bulan ramadhan, serta sebagai bentuk kepedulian kita pada penerima zakat.


Sebagai kegiatan yang wajib, mengeluarkan zakat fitrah di bulan ramadhan juga dapat membersihkan diri dari hal-hal yang mengotori pahala kita selama di bulan ramadhan.

Selama bulan ramadhan, tentu kita tidak akan luput dari perbuatan khilaf dan salah baik yang dilakukan dengan sengaja atau tidak sengaja. Tentu hal itu dapat mengurangi pahala kita di bulan suci ramadhan.

Maka dari itu, fungsi dari pembayaran zakat fitrah adalah untuk membersihkan harta dan diri kita dari perbuatan dosa dan keji seperti berkata kasar, kotor, hasut berdusta dan dengki.

Oleh sebab itu, zakat fitrah ini hadir sebagai penyempurnaan terhadap hal-hal yang masih kurang.

Baca Juga: 8 Strategi Meningkatkan Produktivitas Selama Bulan Ramadhan: Tips Ampuh Kerja Tetap Prima


#30hariramadhanbercerita

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.