Dibalik Hikmah Membayar Zakat

Membayar Zakat Akan Membuat Kita Mendapatkan Banyak Pahala (Sumber Gambar: Canva)

Membayar Zakat Akan Membuat Kita Mendapatkan Banyak Pahala (Sumber Gambar: Canva)

Like

Judul: Dibalik Hikmah Membayar Zakat
Karya: Ridho Adi Wicaksono


Pada suatu hari ada satu keluarga tinggal di desa yang jauh dari pusat keramaian kota. Keluarga ini hidup di dalam kesederhanaannya.

Sebut saja Pak budi, pak budi berprofesi sebagai seorang pedagang sayur. Setiap pagi selalu berkeliling dengan gerobaknya ke setiap rumah-rumah yang ada di desanya. 

Ia memiliki 1 orang istri bernama Inem. Inem setiap harinya sebagai penjual kue yang setiap paginya menjajakan dagangannya di pasar yang lokasinya cukup jauh dari tempat ia tinggal.

Baca Juga: Zakat Fitrah: Peran dalam Peningkatan Ekonomi Masyarakat dan Hubungan Muamalah


Pak budi beserta istrinya Ibu Inem memiliki 2 orang anak laki-laki bernama muhammad yang biasa dipanggil Mamad dan anak perempuan bernama Munaroh.

Muhammad atau mamad ini setiap harinya bersekolah begitu juga dengan adiknya munaroh, mamad kakanya kelas 1 SMA sedangkan munaroh kelas 1 smp. 

Meskipun keluarga ini hidup didalam kesederhanaannya tetapi mereka adalah keluarga yang taat di dalam menjalankan ibadahnya.

Bapaknya yaitu pak budi yang selain profesinya sebagai pedagang sayur ia juga pengurus masjid. Selain suka membersihkan lingkungan sekitar masjid, ia juga selalu diberi amanah untuk memimpin adzan magrib meskipun terkadang berganti-gantian dengan temannya sesama pengurus masjid.