RUU Disahkan, TikTok Terancam Dimusnahkan Pemerintah AS!

Like

TikTok dan Risiko Ancamannya yang Tinggi

Popularitas TikTok sangat besar di kalangan warga AS. Dilansir dari statista.com, AS menjadi negara pengguna TikTok terbesar di dunia dengan angka hampir menembus 150 juta per Januari 2024.

Hal tersebut terjadi karena algoritma TikTok yang bisa bikin candu penggunanya. Namun, secara tidak sadar TikTok dapat mengancam data pribadi seseorang. 

Baca Juga: TikTok Layoff dengan Alasan Efisiensi Biaya

TikTok dapat mengakses IP pengguna, lokasi, serta kontak warga AS. Apalagi melihat pengguna TikTok di AS sebagian besar berasal dari kalangan di bawah umur.

Pemerintah takut apabila data warganya disalahgunakan dan dijadikan alat pemerasan. Makanya, pemerintah AS bersikeras untuk melarang penggunaan TikTok di negaranya.




Project Texas jadi Cara TikTok Amankan Data AS

Melihat pengesahan RUU yang dilakukan oleh pemerintah AS, TikTok pun angkat suara. Dilansir dari cnn.com, CEO TikTok, Show Chew mengungkapkan bahwa aksi pemerintah AS dinilai dapat mengancam pendapatan bisnis dari jutaan kreator di sana. 

Namun Shew menegaskan bahwa TikTok telah mengamankan data pengguna AS. Data tersebut dipindah ke server Austin yang bernama Project Texas. 

Project Texas menggunakan konsep transparansi perlindungan data yang bekerja sama dengan Committee on Foreign Investment United States (CFIUS). 

Baca Juga: Sosok “Mio Mirza” yang Viral di TikTok, Ternyata Jago Balap Motor!

Sifat kerja dari Project Texas ini tak hanya melindungi data, tetapi juga meninjau serta mengawasi pengelolaan konten dan perangkat yang digunakan. TikTok memastikan dengan penerapan Project Texas dapat memberikan membantu mengatasi ancaman keamanan data pengguna TikTok di AS.

Akan tetapi, meskipun Project Texas ini telah dijalankan sejak 2022, pemerintah AS menganggap cara ini bukan solusi yang terbaik. Alhasil, pemerintah AS tetap mendesak Bytedance untuk divestasi perusahaannya. 

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.