5 Tradisi Unik Khas Pulau Jawa Menjelang Bulan Suci Ramadhan

Sumber gambar: pinterest

Sumber gambar: pinterest

Like

Tradisi di bulan Ramadhan sudah menjadi momentum yang biasa di lakukan oleh masyarakat Indonesia.

Apalagi mayoritas penduduk di Indonesia adalah penduduk beragama Islam terbesar di dunia. Tak heran, jika setiap kali bulan suci ramadhan tiba, banyak masyarakat Indonesia yang melakukan tradisi atau semacam hiburan baik dalam menyambut bulan suci ramadhan atau saat di bulan ramadhan.

Mengutip dari traveloka.com, berikut beberapa tradisi yang kerap masih di lakukan di berbagai wilayah Nusantara: 

Baca Juga:  3 Makna Tersembunyi dari Kejadian Mobil Xpander Tabrak Porche

 


1. Tradisi Nyadran di Jateng (Jawa Tengah)

Tradisi nyadran ialah tradisi yang dilakukan seperti kegiatan ziarah kubur, bersih desa atau makam, makan bersama, selametan, hingga sedekah bumi.


Bahkan beberapa desa atau tempat di Jawa Tengah, yang melakukan kegiatan selametan secara masal guna menyambut datangnya bulan suci ramadhan.

Namun, nyadran ini tidak hanya dilakukan di wilayah Jawa Tengah saja, melainkan juga beberapa di wilayah Jatim, Yogyakarta, sampai di wilayah Lampung.

Baca Juga: Indahnya Tradisi dan Kehangatan Bulan Suci Ramadhan ala Suku Batak
 


2. Tradisi Megengan di Surabaya

Megengan ini adalah salah satu kegiatan upacara kecil-kecilan yang dilakukan setiap hendak memasuki bulan suci ramadhan.

Ciri khas dari upacara Megengan ini adalah menyediakan menu yang beragam, namun kue apem adalah kue yang harus ada di dalam upacara ini.

Kenapa harus kue apem? Mereka mempercayai bahwa kue apem ini merupakan simbol mensucikan diri sebelum memasuki bulan puasa. Konon, kata apem ini berasal dari bahasa Arab kata afwan yang artinya maaf.